Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Parfum untuk Si Dia

Kompas.com - 18/02/2010, 16:23 WIB

KOMPAS.com - Senangnya, ketika berada di tengah-tengah rekan pria di kantor yang berbau wangi. Jauh lebih menyenangkan bukan, daripada menghirup aroma keringat yang bikin pusing kepala?

Karena itu, dan mengingat si dia akan berulang tahun, Anda jadi terpikir untuk memberikan parfum sebagai hadiah. Akan lebih mudah bila pasangan memang sudah biasa memakai parfum, dan punya koleksi beberapa jenis yang biasa dipakai berganti-ganti. Sebaliknya, akan sedikit menantang mencari parfum untuk pria yang cenderung bukan penganut merek tertentu, apalagi yang enggan memakai parfum. Cara berikut mungkin bisa Anda jadikan patokan saat mencari parfum:

1. Kenali tipenya
Kebanyakan pria menggunakan parfum yang beraroma kayu (seperti kayu pohon ek, damar, atau cendana) atau yang ringan (aroma seperti baru selesai mandi). Yang paling gampang sih, mengamati berbagai merek cologne yang pernah dimilikinya. Parfum beraroma kayu yang bisa Anda pertimbangkan antara lain DKNY Men, Givenchy Very Irresistible Givenchy For Men, dan Burberry Touch for Men. Untuk cologne yang lebih ringan, coba Bulgari Green Tea Eau de Parfum atau L'Eau d'Issey Pour Homme.

2. Tanya di counter kosmetik
Ketika mendatangi counter parfum, Anda bisa memanfaatkan jasa beauty advisor (BA) atau petugas penjualannya (asal Anda betulan membelinya). Gambarkan karakter si dia pada si BA sehingga ia bisa memilih sesuai yang sesuai karakter yang Anda sampaikan. Jika si dia tergolong aktif dan atletik, ia mungkin akan menyukai cologne berwangi sitrus yang segar seperti Lacoste Challenge. Bila si dia tipe yang santai seperti anak band atau surfer, coba Hollister California. Kalau ia tipe pria kantoran pada umumnya, mungkin Anda bisa memberikan Hermes Terre D'Hermes yang beraroma kayu.

3. Cari aman saja
Anda tak begitu yakin dengan tipenya? Pilih saja cologne dengan aroma laut, karena cenderung disukai siapa saja. Anda bisa memilih Nautica Oceans atau Kenzo Pour Homme. Jika si dia bukan tipe orang yang senang memakai parfum, pikirkan saja bahwa kebanyakan pria pasti ingin baunya khas laki-laki. Karena itu wangi seperti kayu cedar, musk, atau pepper, pasti akan disukainya. Chanel Allure Homme Edition Blanche atau Dior Fahrenheit bisa jadi pilihan.

4. Temukan zona nyamannya
Seperti saat ia tak bisa menghadiri meeting tanpa dasi andalannya, ia pun mungkin tak bisa berangkat jika belum menyemprotkan cologne favoritnya. Anda bisa mencari sesuatu dengan aroma yang tak begitu berbeda. Sampaikan pada BA, cologne apa yang sudah dimiliki pasangan. Jika tidak, Anda bisa memberikan kemasan botol mini dalam berbagai variasi aroma sebagai hadiah, lalu biarkan ia memilih salah satu yang paling disukainya. Kemudian belilah parfum tersebut dalam ukuran penuh.

5. Cari yang best seller
Anda benar-benar berharap ia mau memakai parfum, tapi belum yakin aroma apa yang akan disukainya? Anda bisa mensurvei teman-teman pria Anda, dan mencari tahu aroma apa yang paling banyak dipakai. Bisa juga dengan bertanya pada BA di counter kosmetik, apa parfum pria yang tergolong best seller.

Jika masih belum ketemu juga, parfum berikut ini tak mungkin tak disukainya:

1. Giorgio Armani Acqua Di Gio Pour Homme.
2. John Varvatos Artisan.
3. Dolce & Gabbana Light Blue Pour Homme.
4. Carolina Herrera 212 Men, atau Carolina Herrera 212 Sexy Men.

6. Kembali ke aroma usai mandi
Oke, Anda sudah bertekad mencari yang terbaik untuk si dia, namun si dia justru bersumpah tak akan pernah mengenakan cologne. Tak usah memaksanya, karena Anda bisa rugi sendiri. Sebagai gantinya, cari saja shower gel beraroma atau aftershave. Produk shower gel dari Bulgari atau Paco Rabanne yang sangat maskulin bisa Anda coba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com