Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Lahir Normal Punya Kekebalan Lebih Tinggi

Kompas.com - 03/03/2010, 13:25 WIB

KOMPAS.com — Rasa takut menghadapi persalinan membuat operasi caesar menjadi pilihan bagi sebagian perempuan saat ini. Apalagi dengan operasi caesar, kita juga bisa memilih tanggal ”cantik” untuk kelahiran si kecil. Padahal, apabila Anda mampu melahirkan secara normal, ada bonus khusus yang tersedia untuk si bayi.

Saat persalinan normal, ada sejumlah bakteri yang akan tertelan oleh bayi. Bakteri ini akan membangun sistem kekebalan tubuhnya saat masa pertumbuhan.

Nah, bakteri atau kuman yang bernama lactobacillus itu berada pada jalur lahir atau jalan keluar bayi yang terletak di lubang vagina ibu.

”Bakteri ini akan tertelan saat bayi terdorong keluar dari rahim. Namun, bakteri ini tidak akan tertelan oleh bayi yang lahir secara caesar,” ujar dr Judi Endjun, SpOG, spesialis obstetri dan ginekologi dari RSPAD, seusai acara senam Yophyta di Balai Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Inilah keunggulan dari proses kelahiran normal. Bakteri yang tertelan bayi itu nantinya akan menjadi mikroba yang diserap usus dan berkembang biak. Kelak bakteri ini berperan dalam membunuh bakteri jahat yang berkembang di dalam usus.

Lactobacillus selanjutnya akan mencegah diare atau kuman jahat yang masuk ke dalam tubuh. ”Bayi atau balita yang diare karena susu formula umumnya terjadi karena kurangnya mikroba dalam usus,” ujar Judi.

Namun, jika si kecil memang harus dilahirkan secara caesar karena beberapa alasan tertentu, bagaimana cara membangun kekebalannya?

”Kekebalan bayi yang lahir secara caesar akan terbangun jika diberi ASI,” kata  Judi. Usahakan pula untuk memberikan ASI eksklusif minimal selama enam bulan.        

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com