Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Wanita Tertarik pada Pria yang Sudah Berpasangan?

Kompas.com - 10/03/2010, 11:00 WIB
EditorNF

KOMPAS.com — Barbara De Angelis, Ph.D, pakar hubungan, mengungkapkan dalam bukunya, Ask Barbara, ada beberapa alasan mengapa Anda tertarik dengan pasangan yang tidak bisa dimiliki. Berikut paparan Barbara.

Merasa ditinggalkan salah seorang orangtua saat kecil
Sejak kecil Anda merasa tidak pernah mendapat dukungan dari orang terdekat sehingga ketika dewasa Anda mengulangi pola ini lagi dengan cara mencari pasangan yang tidak bisa mendukung Anda sepenuhnya juga.

Tidak percaya diri
Bisa jadi karena berasal dari keluarga yang sangat berantakan, atau selalu dikritik, diabaikan, dan dilecehkan, ketika dewasa Anda mungkin merasa tidak berhak mendapatkan seorang pasangan yang baik. Anda tidak pernah percaya bahwa orang baik-baik akan memilih Anda sebagai pasangan hidupnya.

Anda takut pada keintiman
Terlibat dalam suatu hubungan dengan seseorang yang tidak bisa mencintai Anda sepenuhnya merupakan cara yang tepat untuk menghindari keintiman. Mungkin ini dilatarbelakangi oleh pengalaman masa kecil Anda yang tidak menyenangkan. Akibatnya, Anda menemukan zona nyaman dengan memilih pasangan-pasangan yang tidak memungkinkan Anda membangun komitmen.

Anda bisa keluar dari jeratan cinta ini kalau mau memilih meninggalkan si Mr Right, Wrong Time. Sampai Anda bisa terbebas dari pola ini secara emosional, sebaiknya mencoba puasa hubungan untuk sementara waktu. Tidak berkencan dan tidak berhubungan secara intim dengan pria, apa pun bentuknya. Ini akan membuat Anda kuat, menyembuhkan kehampaan, dan bisa berpikir jernih tentang pasangan yang Anda butuhkan dalam kehidupan sekarang dan masa mendatang.

(Ika Nurul Syifaa/Majalah Chic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.