Mengenal Originalitas Rasa Jepang

Kompas.com - 12/03/2010, 22:02 WIB
Editormade

KOMPAS.com - Pamor masakan Jepang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, seiring kehadiran restoran Jepang yang kian beragam. Sebagian menampilkan gaya fusion alias paduan dengan modern, sebagian tetap pada pakem tradisional.

Dari gaya tradisional itulah bisa dilihat bagaimana seni dan budaya memengaruhi kulinari Jepang. Mulai dari tata cara persiapan, teknik memotong, hingga penyajiannya, selalu punya makna dan tradisi tersendiri.

Mereka pun punya tata cara tersendiri dalam bersantap. Makanan pembuka hingga penutup biasanya dihadirkan satu per satu, seperti layaknya fine dining Eropa. Jelas, hal itu mungkin tak selamanya bisa dilakukan di sini. Terlebih untuk makan siang, yang biasanya singkat.

Namun, Nadaman tetap mengakomodasinya, hanya lewat cara baru yaitu set menu Combination Lunch. Uniknya, setiap orang bebas memodifikasi menu yang ingin disantap, sehingga bersifat personal. Tinggal pilih varian dari tiap kategori, yang mencakup hidangan salad, sushi dan sashimi, grilled dish, fried dish, mie, dan nasi.

Restoran Jepang yang berdiri sejak 1830 di Osaka, Jepang itu dikenal dengan originalitas rasanya dan kental dengan tradisi, sehingga akan memberi sensasi lebih saat bersantap.

Sekadar masukan, jika sudah ke sini bisa memilih Salmon Skin Salad yang begitu gurih dan renyah, sehingga semakin membangkitkan rasa lapar. Selanjutnya Prawn Tempura yang juga termasuk menu favorit, dimasak dengan cara khusus sehingga lapisan tepungnya tetap terasa lembut dan tidak merusak citarasa udang.

Di kategori sashimi dan sushi, yang biasa dipilih adalah salmon clan tuna sushi, dengan daging yang begitu segar dan irisan ikannya membungkus setengah bagian dari gumpalan nasi, khas gaya tradisional.

Beef Teriyaki, Grilled Eel, atau Chicken Teriyaki yang banyak dipesan di kategori grilled dish juga terlalu menggoda untuk dilewatkan. Dan, agar perut terasa hangat, White Noodles yang diracik dengan jamur, rumput laut, irisan telur, dan soyu sauce sehingga memberi paduan rasa manis, asin, dan segar yang tepat bisa jadi pilihan.

Dan sebagai pelengkap, fried rice, california roll, atau rice ball of salmon yang dibungkus dengan rumput laut akan semakin memadatkan perut.

Pilihan memang sangat beragam dan kebebasan pun di tangan Anda. Jadi, tak selamanya santap siang harus serba praktis hingga menanggalkan citarasa, bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.