Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Tampil Gaya ala Selebriti

Kompas.com - 17/03/2010, 19:02 WIB

KOMPAS.com -  Tampil gaya dan enak dipandang dalam berbusana ada rahasianya. Simak bagaimana saran penata busana profesional agar bisa tampil gaya yang sesuai dengan karakter Anda.

1. Siapkan sepasang sepatu berhak tinggi

Gail Ambeau, fashion desainer dan stylist di Jackson, Mississippi, menyarankan untuk selalu menggunakan sepatu berhak meski tak terlalu tinggi. Semakin tinggi hak sepatu, Anda akan terlihat semakin ramping. Kenapa? Karena sepatu memberi kesan lebih panjang pada kaki Anda, dan membuat bahu terdorong ke belakang sehingga membuat badan lebih tegak.

2. Tunjukkan bentuk tubuh Anda
Busana bisa membantu Anda membentuk tubuh terlihat proposional dan enak dipandang. Jika pinggul Anda lebar, beri kesan ramping dengan menggunakan terusan atau atasan yang pas di badan. Coba juga beberapa model untuk mendapatkan busana yang cocok dengan bentuk tubuh Anda. Jika Anda memiliki bahu lebar, gunakan kaos leher V. Dengan mengekspos kulit di bawah leher, mata akan tertuju pada area tersebut dan memberikan efek siluet vertikal yang memberi kesan lebih ramping pada bahu.
  
3. Siasati kekurangan pada badan
Jika Anda tak percaya diri dengan kaki, jangan menggunakan celana atau jins berwarna terang, karena ini akan menarik perhatian orang kepada kaki Anda. Hindari juga celana model kargo dengan kantong di bagian paha. Ini memberi kesan lebih besar pada kaki. Untuk pemilik perut buncit, gunakan atasan atau kaos dengan ban lebar di bagian pinggang, demikian saran Kami Gray, wardrobe stylist untuk program televisi dan film di Portland, Oregon.

4. Belanja tak harus di bagian wanita
Cobalah mencari pakaian atau aksesori di bagian remaja atau pria di department store. Anda bisa menemukan aksesori yang lebih bervariasi dan trendi seperti syal atau ikat pinggang. Jika mencari kaos atau sweater datangilah di bagian busana pria, padupadankan dengan legging atau celana model skinny untuk memberi kesan feminin.

5. Ikuti tren namun sesuaikan dengan segmen
Mengikuti tren terkini sah saja, namun perhatikan juga apakah sesuai dengan karakter, bentuk tubuh, dan usia Anda. Rok atau celana pendek bisa jadi sangat tren saat ini, namun lebih cocok dengan postur dan figur remaja.

6. Tambah koleksi busana wajib
Celana panjang hitam, atasan putih, dan rok pensil hitam, adalah sederet busana wajib yang harus ada di lemari Anda. Investasikan model busana ini lebih banyak, karena Anda bisa mempadupadankan dengan pakaian lainnya untuk berbagai acara.

7. Beli busana sesuai ukuran Anda

Kebanyakan perempuan yang tidak pede dengan postur tubuhnya membeli busana dengan ukuran lebih besar. Alasannya untuk menutupi bentuk tubuh. Nyatanya, busana yang kelonggaran justru membuat perempuan terlihat lebih besar. Sebagai gantinya, cari atasan simpel yang membentuk badan tanpa banyak aksen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com