Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Operasi Plastik? Tanyakan Ini Dulu!

Kompas.com - 23/03/2010, 15:49 WIB

KOMPAS.com - Berniat melakukan operasi plastik? Jangan terburu nafsu dulu. Ada baiknya Anda bertanya kepada dokter bedah plastik mengenai prosedur yang dilakukan, apa yang akan terjadi paska operasi (misalnya jika terjadi pembengkakan atau apa pun sebagai reaksinya), dan hasil yang Anda inginkan.   

''Tanyakan dulu tata cara dan kenyamanan seputar bedah yang ingin Anda lakukan,'' ujar Robert M. Schwarcz, MD, ahli bedah plastik dan rekonstruksi di New York. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda tanyakan.

1. Sudah berapa kali dokter tersebut melakukan operasi plastik dalam dua tahun terakhir? Pertanyaan ini untuk mengetahui jam terbang sang ahli bedah.

2. Setelah operasi selesai, apakah yang harus dilakukan? Berapa lama Anda harus beristirahat, atau tidak bersentuhan dengan air (pada bagian yang dioperasi). Apakah ada bercak kemerahan, parut, atau rasa sakit yang umum.

3. Bagaimana cara dan proses pemulihan pasca operasi?
Ahli bedah plastik mungkin akan menyarankan sejumlah pantangan sebelum dan setelah bedah plastik. Entah itu soal makanan, kebiasaan merokok, perawatan, gerakan tubuh yang ekstrem, hingga soal menjaga emosi. Bagaimana pun juga, melakukan operasi plastik berarti melakukan perubahan pada tubuh Anda yang asli, sehingga Anda harus siap dengan konsekuensinya.

4. Tanyakan tentang hasil bedah plastik, apakah ada bekas luka yang akan lama sembuhnya, atau disembunyikan. Operasi pengencangan kulit umumnya akan menimbulkan bekas parut yang disembunyikan di balik telinga. Begitu juga dengan operasi pembentukan kelopak mata, meninggikan hidung, dan membentuk bibir.

Ahli bedah plastik yang berpengalaman umumnya bisa memperbaiki atau menyamarkan luka akibat prosedur operasi. Namun kita sebagai pasien juga harus menyadari dan paham bahwa hasil bedah plastik tidak selalu sama dengan keinginan kita.

''Operasi plastik bukan untuk mengubah penampilan secara drastis. Sebab kalau dipaksakan Anda akan mendapatkan hasil yang tidak natural,'' ujar Schwarcz.

Ia juga menyarankan agar kita sebagai calon pasien memberikan contoh hasil operasi plastik yang kita inginkan. Semakin besar gambarnya, akan semakin jelas hasilnya.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com