Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedak Vagina Picu Kanker?

Kompas.com - 27/03/2010, 12:02 WIB

Kompas.com — Pemakaian bedak secara serampangan bisa berdampak buruk bagi bayi. Bahkan, para dokter tidak menganjurkan orangtua untuk memberikan bedak di organ vital anak perempuan karena bisa menyebabkan gangguan reproduksi saat masa dewasa, bahkan kanker.

Lalu, apa yang harus dilakukan apabila si kecil telanjur sering dipakaikan bedak di vagina? Menurut penjelasan dr Judi Januadi Endjun, SpOG, dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, kebiasaan memakaikan bedak di organ intim anak perempuan sebaiknya dihentikan.

Mulai sekarang, orangtua juga harus mengajari anak cara hidup yang sehat, misalnya makanan yang alamiah, halal dan bergizi, tidak kegemukan, tidak makan junk food dan kelak apabila sudah dewasa, jangan terlambat menikah, punya anak, dan menyusui hingga genap 25 bulan.

Selain itu, rajin-rajinlah memeriksakan diri ke dokter kandungan, terutama jika haidnya nyeri atau tidak teratur. Hindari juga makanan yang dibakar karena arangnya bisa memicu kanker saluran cerna.

Kenali juga faktor risiko dalam keluarga, misalnya ada keluarga dekat yang terkena tumor payudara, indung telur, rahim, atau saluran cerna. Namun, jangan terlalu stres memikirkannya, yang penting ke depannya kita perbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com