Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Obesitas dari Zaman ke Zaman

Kompas.com - 01/04/2010, 08:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Sebuah penelitian yang mengaitkan lukisan bertema ”Perjamuan Terakhir” karya Leonardo da Vinci dan karya seniman lainnya dengan isu obesitas tengah menjadi perbincangan di kalangan ahli perilaku.

Pengukuran relatif menu makanan utama dalam lukisan itu dalam kurun waktu tahun 1000-2000 menghasilkan data yang membuat kita tercengang. Akan tetapi, penelitian ini juga menuai kritik.

Kegemukan sudah lama menjadi masalah. Bangsa China Kuno dan bangsa Mesir Kuno telah mengemukakan kegemukan sangat mengganggu kesehatan. Bahkan, bangsa Mesir Kuno menyebutnya sebagai penyakit.

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang berpandangan bahwa kegemukan sebagai simbol kekayaan dan keindahan. Masyarakat yang sering ditimpa kelaparan melihat kegemukan sebagai lambang kemakmuran.

Meskipun demikian, pandangan yang beragam itu berubah ketika ilmu kedokteran mulai meneliti secara ilmiah dampak kegemukan. Pada 1940- an, kampanye antiobesitas mulai dilakukan setelah muncul studi tentang dampak kegemukan terhadap jantung. Kegemukan merupakan faktor risiko tertinggi penyebab penyakit jantung.

Tahun 1996, ketika ditemukan Body Mass Index (BMI), isu kegemukan makin mencuat. Indeks ini untuk menentukan apakah seseorang tergolong kegemukan atau tidak. Saat itu kasus kegemukan sudah sangat tinggi. Bahkan, sudah melanda anak-anak dan remaja.

Beberapa tahun kemudian, Amerika Serikat membuat peta dan tren obesitas di sejumlah negara bagian. Setiap tahun makin banyak negara bagian yang warganya tidak bebas dari masalah obesitas. Tingkat risiko makin meningkat.

Berbagai cara dilakukan untuk menyelesaikan masalah kegemukan di negara maju. Penelitian-penelitian dilakukan untuk mencari sejarah, penyebab, dan berbagai kemungkinan untuk mengatasinya.

Keluar dari jalur-jalur yang biasa dilakukan dalam penelitian obesitas, Brian Wansink dari Cornell University dan Craig S Wansink dari Virginia Wesleyan College meneliti perubahan porsi makanan dengan mengecek ukuran-ukuran makanan dalam lukisan. Lukisan yang digunakan adalah lukisan bertema perjamuan terakhir dari buku Last Supper terbitan Phaidon Press tahun 2000.

Hasil penelitian yang berjudul The Largest Last Supper: Depictions of Portion Size and Plate Size Increased Over The Millennium sebenarnya baru akan dipublikasikan dalam International Journal of Obesity bulan April ini. Namun, abstrak dan ringkasan penelitian ini sudah tampil di beberapa situs.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com