Panduan Menjadi Seorang Pencandu Kreativitas

Kompas.com - 02/04/2010, 08:15 WIB

KOMPAS.com — Ketika menginjak usia 26 tahun, pada awal 2000-an, Yoris Sebastian sudah menjabat sebagai General Manager Hard Rock Cafe termuda di Asia. Selang beberapa tahun kemudian, ia meraih gelar International Young Creative Entrepreneur of the Year Awards dari British Council di London. Sejak awal kariernya hingga kini, mengutip istilah yang digunakan Andy F Noya untuk menjuluki pria ini dengan "spesialis penerima award" karena seringnya mendapatkan penghargaan nasional ataupun internasional untuk kreativitasnya. Lulusan SMA Pangudi Luhur ini kini sudah memiliki beberapa perusahaan sendiri. Kunci suksesnya? Kreativitas.

Tiga tahun yang lalu, tepat pada 1 April, Yoris menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai GM Hard Rock Cafe Jakarta. Di surat tersebut, Yoris mencantumkan bahwa ia ingin mendirikan perusahaannya sendiri serta menerbitkan buku. Tak ingkar janji, ia menggenapi kedua janjinya. Ia sekarang memiliki beberapa perusahaan, salah satunya, konsultan kreatif bernama OMG Consulting, dan pada 1 April 2010 kemarin, ia menerbitkan bukunya yang berjudul Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies.

Selama ia menjabat sebagai Creative Consultant, Yoris sering kali memenuhi permintaan untuk berbicara di berbagai workshop, seminar, dan lainnya mengenai kesuksesan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ia rangkum dan coba jawab lewat buku ini, harapannya, agar semakin banyak orang yang bisa ikut ketularan untuk menjadi "creative junkies" (pencandu kreativitas). Di buku ini, seperti yang tercantum pada judulnya, "Buku Pintar Seorang Creative Junkies", bisa jadi semacam panduan untuk seseorang mencoba mendobrak dan mencari jalan untuk menjadi kreatif. Rutinitas, insecure, bermain safe, adalah beberapa hal yang membuat seseorang terkungkung dan tidak bisa berpikir keluar dari jalur "mainstream". Yoris menuliskan buku ini seperti orang berbicara lisan sehingga mudah untuk dicerna serta ditambah dengan aktivitas-aktivitas untuk merangsang kreativitas.

Dalam bukunya, Yoris membagi buah pikirnya, yang berubah menjadi keyakinan, bahwa setiap orang itu bisa menjadi kreatif. Ia meyakini bahwa kreativitas merupakan sebuah keterampilan yang dapat dilatih dan dimunculkan dan tidak seperti IQ yang sifatnya bawaan dari lahir. Ketika kreativitas terus diasah melalui pembiasaan, hal tersebut akan melejit ke tingkat yang jauh lebih tinggi daripada yang dibayangkan.

Bagaimana dengan Anda? Siap menjadi seseorang yang kreatif untuk melejitkan kemampuan diri Anda? "Buku pintar" ini tersedia di toko-toko buku dengan harga kisaran Rp 60.000-Rp 70.000, dengan desain sampul buku bergambar siluet 10 wajah orang kreatif di sekitar hidup Yoris. Anda bisa mewarnai halaman depan tersebut sesuka Anda.



EditorNF

Close Ads X