Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Dukan Diet, Rahasia Ramping Perempuan Perancis

Kompas.com - 19/04/2010, 20:05 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Anda mungkin sering mendengar bahwa tak ada perempuan Perancis yang bertubuh gemuk. Mereka tetap ramping meskipun makan apa saja yang mereka suka. Rahasianya ternyata terletak pada pola makan mereka. Mereka menerapkan apa yang disebut sebagai The Dukan Diet.

Ketika ahli nutrisi Perancis, Dr Pierre Dukan, memperkenalkan bukunya yang berjudul The Dukan Diet 10 tahun lalu, buku ini segera menempati tempat teratas daftar best seller di Perancis. Kini, lebih dari 1,5 juta perempuan Perancis menerapkan penurunan bobot badan yang dramatis dan hasilnya tidak hanya sementara.

Mantan dokter saraf ini menghabiskan waktu 35 tahun untuk meneliti dan menyempurnakan berbagai elemen dari pola dietnya. "Jelas sekali bagi saya selama bertahun-tahun ini bahwa menghitung kalori itu tidak akan berhasil. Otak kita tidak bekerja seperti itu," katanya.

Menghitung kalori artinya menetapkan kuota, dosis, dan porsi makan. Namun para pakar diet yang menyarankan untuk menghitung kalori mungkin lupa, "Bahwa orang yang harus mengikutinya itu terbuat dari darah dan daging, dengan emosi dan insting," lanjutnya. Artinya, hal itu tidak manusiawi.

Program diet Dukan ini didesain untuk mengakar ke dalam otak pelaku diet. Diet Dukan terdiri atas empat program makan secara berbeda yang mengikuti satu sama lain. Diawali dengan penurunan berat badan yang cepat dan dramatis, yang menghasilkan pengaturan makan sederhana, terstruktur, dan berlaku dalam jangka panjang, untuk memastikan Anda tak akan mendapatkan kembali berat badan yang sudah Anda hilangkan.

Elemen terpenting yang mengaitkan empat tahap program tersebut adalah makan protein saja selama berhari-hari. Anda hanya pelru makan makanan tinggi protein, rendah kalori, dan mengurangi nafsu makan. Penyerapan tubuh terhadap protein akan menyebabkan pembakaran kalori, dan memungkinkan penurunan berat badan tanpa kehilangan kekuatan otot.

Keempat tahap program tersebut adalah:
* Fase "serangan" protein murni, dimana Anda hanya mengonsumsi protein seperti daging, unggas, ikan, seafood, dan produk olahan susu bebas lemak. Fase ini berlangsung selama 3-10 hari, tergantung pada target Anda. Imbangi konsumsi protein dengan minum 3 liter air putih setiap hari.

Pola makan kaya protein dalam jangka pendek akan membersihkan jaringan dari kelebihan air, menurunkan nafsu makan (saat hanya mengonsumsi protein, tubuh memproduksi sel-sel ketonik yang merupakan penekan nafsu makan alami), sambil tetap memelihara bentuk otot dan kehalusan kulit.

* Fase sayuran. Seperti pada fase pertama, Anda hanya boleh menambahkan sayuran ke dalam protein. Jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung tepung (seperti kentang, jagung manis, kacang polong, kacang lentil, kacang hijau, dan lain sebagainya). Kemudian Anda harus menerapkan dua fase ini bergantian sampai Anda mencapai berat yang Anda inginkan (setiap minggu maksimum hanya boleh turun 1 kg).

Anda bisa mulai makan dengan salad atau sup, diikuti dengan daging atau ikan yang ditumis dengan sayuran. Berat badan akan turun sekitar 900 gram seminggu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.