Lebih Baik Berkumur daripada Gosok Gigi

Kompas.com - 22/04/2010, 09:33 WIB
Editordin

KOMPAS.com — Jangan langsung gosok gigi setelah mengonsumsi minuman bersoda atau minuman yang mengandung asam! Demikian pendapat Mary Hayes, DDS, juru bicara dari The Chicago Dental Society.

Kita semua tahu menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik untuk menjaga gigi kita agar tetap sehat. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata memiliki kebiasaan menyikat gigi setelah meneguk minuman “asam” hanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan gigi kita.

Alasannya adalah, kombinasi dari asam minuman bersoda, jus, serta minuman isotonik, dan gerakan “kasar” menyikat akan mengikis email gigi kita. Inilah yang nantinya memicu gigi berlubang. Kandungan asam akan melunakkan email gigi kita sehingga lebih rentan untuk rusak ketika disikat.

Jadi, dibanding mengambil sikat gigi dan odol setiap kali selesai meminum minuman asam, seperti jus, minuman bersoda, atau minuman isotonik, lebih baik biasakan untuk berkumur dengan air putih saja. Cara ini akan membantu kita membersihkan kandungan asam dari gigi kita. Atau, kita bisa juga mengunyah permen karet bebas gula yang dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur untuk menetralisasi asam dalam mulut.

Jika ingin tetap menggosok gigi, tunggulah kira-kira satu jam setelah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung asam. Karena waktu satu jam dinilai cukup bagi asam untuk hilang dan email gigi kita untuk kembali ke kondisi asal.

(Astrid Anastasia/Prevention Indonesia)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X