Berburu Suvenir dan Kotak Hantaran Pernikahan

Kompas.com - 23/04/2010, 07:26 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Suvenir merupakan ungkapan terima kasih dari pasangan pengantin untuk para tamu undangan. Agar kenang-kenangan tersebut tidak sekadar menumpuk di rumah kita, cobalah memilih suvenir yang lebih fungsional.

Untuk memilih beragam jenis suvenir, cobalah singgah di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Inilah salah satu pusat penjualan suvenir lokal dan impor. Toko-toko di tempat ini menjual suvenir dengan harga yang sangat bervariasi (tergantung jenis dan bahannya), dengan kualitas yang berbeda-beda.

Harga sudah pasti menentukan kualitas barang, namun bukan berarti barang yang berkualitas tidak bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Sistem pembelian borongan atau minimal 3000 pieces membuat suvenir yang ditawarkan menjadi lebih murah. Harga suvenir lokal dan impor di tempat ini berkisar antara Rp 2.000 dan Rp 25.000 per buah.

Salah satu pemilik toko suvenir di pasar ini adalah Eka. Eka mengatakan bahwa suvenir impor dari China dan Hongkong tergolong yang paling laris.

"Selain harganya murah, barangnya terkesan mewah dan kualitasnya dijamin rapi," ujar Eka kepada Kompas Female.

Meskipun demikian, suvenir-suvenir buatan lokal masih dicari. Kipas dari kain batik, dompet koin, kotak lipstik dari kain batik dan kain rajut, merupakan koleksi suvenir yang paling banyak dipesan. Sementara itu koleksi impor yang paling sering dipesan adalah gantungan kunci berpasangan, dompet China, guci mini, hingga koleksi kipas dari kayu.

Suvenir ini bisa Anda beli dengan sistem borongan (berisi 100 buah suvenir) atau sistem paket. Pada sistem paket Anda akan menerima layanan seperti pembungkusan suvenir dengan plastik mika atau kain burkat, hingga pemasangan kartu ucapan terima kasih gratis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jatinegara juga menjadi pusat penjualan kotak hantaran pernikahan atau seserahan. Kotak ini biasanya diperlukan calon mempelai untuk memberikan hadiah kepada masing-masing calon dan keluarganya.

Kotak hantaran dengan berbagai bentuk dan ukuran dijual di sini. Contohnya kotak hantaran berbentuk persegi berbalut kain silver, berbentuk hati, hingga kotak hantaran dengan berbagai warna dan ukuran. Satu set kotak hantaran (berisi 3-4 kotak) dipatok dengan harga Rp 60.000 hingga Rp 100.000.

Toko-toko yang menjual kotak seserahan ini berada di area yang sama dengan toko suvenir, yakni di lantai basement.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.