Nikmati Lezatnya "Dessert" ala Jepang!

Kompas.com - 04/05/2010, 08:42 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini makanan Jepang yang banyak diketahui sebatas pada sushi, mi soba, yakiniku, atau teppanyaki. Namun, mungkin masih banyak yang belum tahu tentang makanan penutup atau dessert ala Jepang.

Ternyata orang Jepang juga suka dengan makanan pencuci mulut yang manis dan dingin. Mereka lebih suka mengolah kacang merah dan ubi sebagai dessert.

Jika Anda dessert lover sejati, tak ada salahnya mampir ke Restoran Ministry of Food atau MOF. Restoran franchise dari Singapura ini memang fokus menyajikan makanan penutup khas Jepang.

Bila melihat sekilas, tampilan kafe ini biasa saja. Sama seperti kafe pada umumnya. Sejumlah meja, sofa aneka warna dan pencahayaan yang hangat, menciptakan suasana homy. Mana nuansa Jepangnya? Ternyata hal itu terwakili pada deretan menu yang ditawarkan. Juga dari bentuk baki kecil yang menjadi tatakan mangkuk makanannya.

Mitsu mame atau japanesse kanten jelly adalah salah satu kategori menu dessert andalannya. Hidangan pencuci mulut berupa es krim dengan topping aneka jelly, japanesse dumpling dan buah-buahan ini konon sangat disukai oleh pelanggan yang berasal dari Jepang. Terasa kenyal dan menyegarkan.

Kanten jelly terbuat dari akar tanaman yang mengandung banyak serat. Orang Jepang memiliki keyakinan, makanan tersebut bisa berefek melangsingkan dan menyehatkan.

Rasa jelly itu tidak manis, malah cenderung hambar. Karena itu sangat cocok dipadukan dengan es krim yang manis. Orang Jepang sendiri lebih suka mencampurkan jelly itu dengan madu atau sirup sebelum dimakan.

"Kanten jelly ini sebagai penetralisir dari rasa es yang manis. Memang kebanyakan dessert di sini manis, memakai bahan dasar kacang merah, ubi dan teh hijau," kata Raj Amarnani, Outlet Manager MOF.

Selain kanten jelly, ada shiratama yang dipakai untuk menetralkan rasa manis di dalam es. Shiratama ini terbuat dari tepung ketan yang dipulung lalu direbus hingga matang. Sekilas mirip ronde tanpa isi, dan rasanya hambar.

Ketika mencicipi macha zen yang terdiri dari hokkaido kacang merah, shiratama dan macha, terasa teksturnya yang lembut dan merupakan perpaduan yang pas antara manisnya kacang merah, teh hijau dan shiratama sebagai penetralisir.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.