Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Mengemudi Saat Hamil

Kompas.com - 06/05/2010, 18:10 WIB

KOMPAS.com Kehamilan bukanlah penghalang bagi seorang perempuan untuk mengemudikan mobil. Beberapa orang memang menyarankan untuk berhenti mengemudikan mobil sementara waktu demi keselamatan janin, meski ada pula yang punya pendapat sebaliknya.

Mengemudi saat hamil memang merupakan sesuatu yang berisiko tinggi. Namun, bukan berarti Anda malah berdiam diri di rumah atau naik kendaraan umum saat hendak bepergian. Meski berbadan dua, selama dilakukan dengan hati-hati dan cermat, Anda masih bisa terus mengemudi dengan aman dan nyaman.

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih kendaraan yang nyaman. Kenyamanan ini salah satunya ditunjang oleh suspensi yang digunakan. Untuk itu, pilihlah kendaraan bersuspensi lembut agar getaran yang terjadi saat mobil berjalan bisa dikurangi. Suspensi ini terdapat dalam mobil yang memakai per keong (helical spring), seperti sedan atau van.

Jauhi jalan berlubang untuk menghindari guncangan dan pastikan pula mobil berada dalam kondisi yang benar-benar prima, termasuk penyejuk udara dan kebersihannya.

Beri ruang bagi diri Anda dengan memundurkan tempat duduk (jok) secukupnya. Jangan sampai kaki Anda menggantung dan pastikan kaki masih bisa menjangkau pedal gas, kopling, dan rem. Posisi jok juga perlu diperhatikan agar kemudi jangan sampai mengenai perut dan tangan bisa tetap leluasa bergerak. Untuk itu, atur kemiringan jok lebih kurang 30 derajat.

Pilih sabuk pengaman tiga titik yang adjustable atau dapat mengikuti gerak tubuh agar nyaman. Kemudian, pasang sabuk pengaman melewati paha sampai ke samping tulang pinggul, tepat di bawah kandungan. Pastikan juga agar perut tidak tertekan terlampau keras. Lalu, atur bagian sabuk yang lain mulai bagian pundak melewati tengah dada.

Sebelum mulai berkendara, cari informasi tentang keberadaan rumah sakit di sepanjang perjalanan Anda. Ini akan membantu jika rahim mengalami kontraksi. Kesehatan Anda sebelum mengemudi juga jangan diabaikan.

Hal terakhir yang harus diingat adalah kegiatan mengemudikan mobil harus dihentikan saat kandungan memasuki usia 7-8 bulan. Hal ini demi Anda dan calon buah hati. Selamat berkendara.

(Buku Sayang Barang Hemat Uang Kompas Klasika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com