Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Good Money Habits yang Wajib Dimiliki

Kompas.com - 10/05/2010, 21:14 WIB

KOMPAS.com - Dalam rumah tangga, wanita lebih sering bertindak sebagai bendahara. Hal ini sesuai dengan anggapan bahwa wanita lebih pintar "memegang" uang. Benarkah demikian?

Mungkin tidak selalu benar. Banyak pula perempuan yang boros, sehingga berapa pun uang yang masuk ke dalam rekeningnya, akan habis begitu saja. Tak sedikit pula orang yang (pria maupun wanita) yang memiliki penghasilan tinggi, namun tidak memiliki tabungan sama sekali.

Karena itulah, perencana keuangan Ligwina Hananto menekankan pentingnya good money habit untuk kita jalankan. Kebiasaan penggunaan uang yang baik, seperti disampaikan Ligwina dalam talk show "Smart  & Amazing Financial Plan" yang diadakan majalah Femina di Pacific Place, Minggu (9/5/2010) lalu, adalah:

1. Tiadakan utang kartu kredit. Kartu kredit memang menguntungkan, namun jika akhirnya kita malah terbelit utang dan tidak sanggup membayarnya kembali, lebih baik lupakan. Jangan pernah menggunakan kartu kredit, kecuali kita bisa selalu membayar lunas tagihan kita, berapapun jumlahnya.

2. Belanjalah karena ada uang. Hal ini masih ada kaitannya dengan pernyataan di atas. Berbelanjalah bila Anda telah menyelesaikan tagihan-tagihan atau kewajiban keuangan Anda lainnya setiap bulan. Bila tak ada uang tersisa, jangan lantas mengandalkan kartu kredit.

Menurut Wina, setiap orang juga harus mampu mengukur kemampuannya. Jangan membayangkan membeli apartemen seharga ratusan juta jika Anda kesulitan membayar cicilannya. "Beli rumah itu kayak naik haji; harus ada duitnya," tutur CEO Quantum Magna Financial ini.

3. Switch and activate your money. Kesalahan umum yang sering kita lakukan adalah menyisihkan uang gaji untuk berbagai macam pengeluaran. Bila masih tersisa, barulah kita menabung. Wina menyarankan untuk mengubah kebiasaan ini. Sisihkan dulu sekian persen dari gaji Anda untuk investasi, sisanya baru dipakai untuk membayar pengeluaran. Dengan investasi, uang Anda akan terus aktif, bahkan berkembang menjadi berkali-kali lipat.

4. Tabunglah sebesar 10 persen. Dalam kehidupan, selalu ada biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi, gaya hidup seseorang mengikuti gajinya. Salah satu klien Wina bahkan ada yang hanya menyisakan Rp 500 ribu di rekeningnya, dari gajinya yang mencapai Rp 150 juta tiap bulan. Artinya, kecil sekali nilai yang bisa ditabungnya.

Idealnya, kita perlu menabung sebesar 10 persen dari gaji kita. Jadi jika gaji Anda Rp 5 juta, tabunglah sebesar Rp 500 ribu. Tentu saja, Anda bisa meningkatkan persentasenya bila Anda memang mampu. Dan, berkomitmenlah dengan hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com