Scrapbook, Bukan Sekadar Menempel Barang Sisa

Kompas.com - 14/05/2010, 16:02 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Dari asal katanya, scrap artinya barang sisa. Namun hobi membuat scrapbook tak sekadar kegiatan menempel dari barang sisa. Definisi scrapbook merupakan seni menempel foto di media kertas, dan menghiasnya menjadi karya kreatif.

Kegiatan scrapbooking menjadi lifestyle di Amerika sekitar 20 tahun lalu. Di Asia, aktivitas ini baru berkembang enam tahun terakhir. Jadi, hobi yang mengandalkan kreativitas seni dan kesabaran ini memang belum terlalu populer, meski tak sedikit peminatnya, yang kebanyakan kalangan ibu muda.

Pemilik kelas hobi scrapbooking, My Scrapbook Ideas, Ina Himawan, mengatakan bahwa menempel foto di buku harian, lalu diberi cerita sebenarnya sudah menjadi kegiatan scrapbooking.

"Scrapbooking bukan hanya seni menghias foto, hanya untuk kepuasan mata. Namun juga harus memiliki cerita, dan ada jurnal di dalamnya," kata Ina, di sela workshop scrapbook untuk media yang diselenggarakan oleh Hewlett-Packard Indonesia beberapa waktu lalu.

Bagi para ibu yang gemar memotret aktivitas anak-anaknya, foto kenangan bisa lebih bernilai seni dan bercerita dengan teknik scrapbooking, tambah Ina. Foto buah hati bisa lebih cantik dengan seni ini.

Penggemar scrapbook dari kelas yang dibuka Ina kebanyakan memang ibu muda. Menariknya, kaum ibu ini menyenangi hobi kreatif ini untuk dirinya sendiri, dan cenderung segan mengajarkan tekniknya kepada anak-anak.

Memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk membimbing peserta kelas scrapbook. Namun hal ini tidak menjadi masalah bagi Ina yang menikmati waktunya saat mengajarkan scrapbooking.

"Tidak sulit mengajarkan scrapbook, perlahan pasti bisa. Namun kaum ibu biasanya belajar sendiri tanpa anak-anak. Anak punya kelasnya sendiri," jelas Ina.

Anda sudah disediakan alat khusus bila mengikuti kelas scrapbook di sini. Bahkan untuk memudahkan proses belajar, My Scrapbook Ideas menyediakan satu kit bahan scrapbook yang siap diolah menjadi bingkai foto cantik, misalnya. Paket bahan scrapbook untuk pemula seperti ini dibanderol sebesar Rp 144.500.

Sandra, Nadine, dan Nanda, pemenang workshop scrapbook yang diadakan HP Indonesia, mengungkapkan kegiatan scrapbooking seru dan menyenangkan. Meski begitu mereka mengaku agak sulit saat memotong huruf, dan adrenalin mulai meningkat saat waktu semakin menipis.

Menurut Ina, kegiatan ini memang lebih seru dilakukan bersama dengan teman. Eksplorasi ide menjadi lebih kaya, meski inti dari kegiatan ini adalah do it for yourself. Artinya, lakukan scrap dan desain apapun yang Anda inginkan tanpa perlu persetujuan pihak lain.

Lebih penting lagi, have fun, karena kegiatan ini mengandalkan imajinasi dan cerita personal. Masalah desain jangan terlalu dipikirkan, semakin terbiasa Anda akan semakin mahir membuat pola dan desain yang menarik.

Info scrapbooking:
www.myscrapbookideas.com
Bandung: 081320302578 (Dedy)
Jakarta: 08179982019 (Mora)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X