Tentang Bulu Mata

Kompas.com - 15/05/2010, 22:27 WIB
EditorNF

KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat bulu mata anak-anak yang terlihat panjang dan lentik? Cantik, ya? Lalu bertanya-tanya, mengapa bulu mata Anda terlihat pendek atau bahkan rontok? Jangan salah, bisa jadi penyebabnya adalah Anda sendiri.

Bulu mata memiliki fungsi untuk memproteksi mata agar tidak kemasukan benda-benda asing. Selain itu, bulu mata juga bertindak seperti antena yang menutup seketika jika merasa akan ada yang mendekati bola mata sekaligus menstimulasi refleks mengedip.

Rata-rata, bulu mata bertahan hingga 3 bulan hingga akhirnya gugur dan digantikan dengan lembar yang baru. Kita terlahir dengan sekian jumlah folikel bulu mata, dan jumlah folikel tersebut tidak berkurang seumur hidup kita.

Waktu dan perlakuan kasar bisa merusak bulu mata, sehingga sulit untuk tumbuh setebal dan sepanjang saat masih kecil dulu. "Penyebab rontoknya bulu mata bisa sama dengan penyebab rontoknya rambut di kepala," terang Jeannette Graf, MD, dermatolog dari New York. Artinya, stres dan diet yang buruk bisa berdampak pada bulu mata Anda. Begitu pula masalah tiroid, radang kelopak mata, dan kemoterapi.

Alasan lainnya, adalah: Anda. Jika Anda tidak merawat bulu mata, maka perlahan tapi pasti, deretan rambut pada kelopak mata Anda itu akan rontok. Tidur dengan maskara yang belum dibersihkan (kekakuan yang diakibatkan oleh maskara bisa merusak bulu mata), menggaruk atau menggosok kelopak mata terlalu keras, bahkan menggunakan maskara water-proof (karena bisa membuat bulu mata kering) akan merontokkan bulu mata.

Proses menghapus maskara, khususnya formula water-proof bisa menyebabkan kerontokan bulu mata. Mengenakan maskara terlalu lama pun bisa menyebabkan maskara mengering dan mengeras, sehingga sulit untuk dihapus. Menurut Graf, akar bulu mata sangat sensitif dan mudah rusak karena kebiasaan sehari-hari kita.

Jika folikel bulu mata rusak parah, ia akan berhenti memproduksi rambut. Merusaknya dengan kondisi menengah bisa membuat bulu mata rentan, tipis, dan pendek ketika tumbuh kembali. Ketika akar bulu mata terluka, Anda tak bisa menumbuhkannya secara alami kembali.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X