Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusui Bikin Ibu Makin PD

Kompas.com - 16/05/2010, 03:42 WIB

KOMPAS.com — Perasaan bersalah kerap kali muncul dalam diri ibu pekerja lantaran peran gandanya. Waktu yang lebih banyak dihabiskan untuk pekerjaan mengurangi kesempatan bersama buah hati. Rasa bersalah ini bisa menggerogoti kepercayaan diri ibu.

Namun, gangguan emosional ini tidak berlaku bagi ibu menyusui ASI sejak melahirkan. Pengalaman ini dialami oleh presenter Najwa Shihab. Ia yakin, pilihannya untuk menyusui secara eksklusif telah membekali buah hatinya. Baginya, ASI eksklusif menjadi modal penting bagi anak untuk tumbuh dan berkembang.

"Pilihan memberikan ASI eksklusif membangun kepercayaan diri sebagai ibu. Melalui ASI, saya sudah memberikan sesuatu yang tidak tergantikan oleh apa pun," papar Najwa dalam talkshow Sehat dan Produktif berkat Menyusui di acara AIMI Breastfeeding Fair, fx Plaza, Sabtu (15/5/2010).

Manfaat menyusui tak hanya pada bertambahnya kepercayaan diri sang ibu. "Membuat badan ibu lebih langsing misalnya juga menjadi hal positif lainnya," ungkap Najwa.

"Menyusui bisa membakar 500-600 kalori, setara dengan bersepeda satu jam atau renang 20 kali," papar Najwa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com