Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Hubungan Jazz dengan Diabetes

Kompas.com - 19/05/2010, 20:36 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Adakah hubungan musik jazz dengan diabetes? Pertanyaan itulah nantinya yang akan dijawab bersama kala pertunjukkan The Evening Jazz with Bubi Chen and The Doctors pada Pertemuan Ilmiah Tahunan II Endokrinologi Jateng DIY di Poncowati Room, Hotel Patra Jasa Semarang, Sabtu (22/5/2010).

Menurut gitaris yang juga dokter konsultan RSU Kariadi, Semarang, Prof Dr dr Darmono SpPD K-EMD, FINASIM, Rabu (19/5/2010), dokter-dokter memang perlu berkesenian. Dokter tanpa seni malah bisa stres karena setiap hari bertemu dengan pasien-pasiennya.

"Kami juga mendorong supaya dokter-dokter, terutama yang jam kerjanya tinggi itu, untuk lebih banyak pula bergaul dengan seni, baik itu seni tari, musik, maupun seni lukis," kata Darmono.

Darmono mengakui, kegemaran bermain gitar itulah yang mendorongnya untuk turut bermain dengan Bubi Chen. Kebetulan, Bubi Chen yang juga gitaris jazz ternama di Indonesia itu, teman kuliahnya saat di FKUI.

Kebetulan juga, Darmono menyebut Bubi Chen juga sebagai pasiennya ketika gitaris gaek itu menjalani perawatan penyakit diabetes hingga berbuntut amputasi kaki kanan Bubi Chen sekitar sebulan yang lalu.

Darmono mengakui, dokter yang berjiwa seni justru lebih lapang dalam melayani pasien dalam kondisi apa pun. Layanan jadi semakin humanis dan tidak melulu hanya berorientasi pada duit semata.

Rekan dokter lain, dr Tjokorda GD Pemayun SpPD-KEMD, menambahkan bahwa, sebagai dokter kelahiran Pulau Dewata, dia tidak asing dengan tarian Bali. Dia bahkan mahir menari Bali dan kemungkinan juga akan turut pentas pada temu ilmiah tahunan 22-23 Mei mendatang yang diikuti oleh lebih kurang 450 dokter spesialis penyakit dalam se-Indonesia. (WHO)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com