Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Piring dengan Menu Warisan, Kirim ke FJB

Kompas.com - 26/05/2010, 21:58 WIB

KOMPAS.com - Festival Jajanan Bango (FJB) ke-6 segera hadir di Jakarta Juli mendatang, dan sesudahnya segera menyusul di Bandung dan Surabaya. Bango mengajak para ibu untuk berpartisipasi, memilih kuliner warisan keluarga untuk dihadirkan dalam FJB 2010.

Memoria Dwi Prasita, Senior Brand Manager Bango, menjelaskan Bango menunjukkan penghargaan kepada para ibu atas perannya di keluarga. Karenanya tema "Pilihan Ibu Nusantara" diangkat dalam FJB 2010. Pilihan menu warisan keluarga oleh para ibu inilah yang nantinya akan menentukan jenis makanan tradisional dalam FJB.

"Para ibu dari seluruh Indonesia bisa menyuarakan makanan pilihan favorit keluarga. Bisa makanan spesifik, dan boleh lebih dari satu jenis makanan tradisional," papar Memoria, dalam konferensi pers di Gedung Arsip Nasional Jakarta, Rabu (26/5/2010).

Kaitannya dengan piring, FJB kali ini, kata Memoria, ingin menunjukkan peran ibu dalam melestarikan warisan kuliner keluarga. Piring menjadi simbol peran ibu dalam mempererat keluarga, melalui makanan tradisional yang diwariskan turun-temurun.

Lantas apa yang harus dilakukan ibu untuk menyuarakan resep warisan keluarga?

Memoria menjelaskan, promo di sejumlah hypermart akan menyediakan piring untuk ditulisi menu andalan ibu di rumah. Jika ibu membeli produk kecap Bango, disediakan hadiah. Namun Bango terbuka kepada semua ibu yang ingin menyuarakan resep favorit keluarganya.

Cara lain melalui SMS ke 0857 505 800000, dengan format FJB#nama#kota#pilihan makanan. Bisa juga mengakses fan page Festival Jajanan Bango di facebook, lalu twitter di @FesJajananBango.

Pilihan ibu dibuka hingga 20 Juni 2010. Bango nantinya akan memberikan ranking dari pilihan para ibu. Setiap ibu boleh menyuarakan lebih dari satu jenis makanan tradisional. Dengan menyertakan kota, pilihan makanan ibu akan dihadirkan sesuai pelaksaan FJB di tiga kota tadi.

Menariknya, Anda bisa mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah berupa voucher makan senilai Rp 100.000 di FJB, atau peralatan rumah tangga, dengan berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan kuliner warisan kesukaan keluarga ini.

Jadi, tunggu apa lagi, daftarkan menu andalan di rumah, sebagai bentuk partisipasi Anda melestarikan warisan kuliner khas Nusantara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com