Pembajakan Akun Awalnya Iseng

Kompas.com - 31/05/2010, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerhati keamanan IT, Gildas Deograt, mengungkapkan, pembajakan akun Facebook (FB) dan Yahoo Messenger (YM) adalah fenomena yang telah lama terjadi. Awalnya, pembajakan akun itu sifatnya iseng, tetapi kemudian bisa berkembang menjadi penipuan.

"Akun FB dan YM memang mudah dibajak. Hal itu terjadi sejak adanya YM dan FB. Awalnya, iseng-iseng antarteman kemudian sekarang menjadi penipuan uang," kata Gildas saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/5/2010).

Dikatakan Gildas, pembajakan akun mudah dilakukan karena si pengguna menggunakan password yang mudah ditebak pembajak. "Biasanya pengguna menggunakan password yang mudah ditebak seperti nama kekasihnya, tanggal lahir, dan nama perusahaan. Biasanya ketika reset password ada beberapa pertanyaan, seperti warna kesayangan dan lagu kesukaan. Padahal, data tersebut ada di Facebook," paparnya.

Gildas juga menambahkan, dari sisi teknologi akun FB dan YM memang mudah dibajak. "Entah dari jaringan atau komputer," ucapnya. Karena itu, Gildas menyarankan agar pemilik akun tidak menggunakan password yang mudah ditebak.

Seperti diberitakan, pembajakan FB dan YM marak terjadi akhir-akhir ini. Terakhir, akun FB aktris Jajang C Noer dibajak oleh orang lain dan digunakan untuk melakukan penipuan.



Editormsh

Close Ads X