Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASI Bisa Menjadi Metode KB Alami

Kompas.com - 04/06/2010, 16:58 WIB

KOMPAS.com - ASI tak hanya kaya nutrisi yang bermanfaat untuk bayi. Susu alami ini juga bisa menjadi metode KB, asalkan syaratnya terpenuhi. Yakni memberikan ASI eksklusif selama enam bulan penuh, dan ibu belum kembali haid dalam periode tersebut.

Memberikan ASI eksklusif selama enam bulan berarti bayi hanya menerima ASI tanpa campuran asupan lainnya. Dengan begitu, ibu yang menyusui lebih intens, akan lebih lama untuk haid kembali. Jadi, kesempatan untuk hamil kembali akan semakin menipis karena ovum belum diproduksi kembali.

Dokter anak dr Utami Roesli SpA, MBA, IBCLC, FABM menjelaskan kepada Kompas Female, metode ini dinamakan Metoda Amenorrhoe Laktasi ( MAL). Syarat utamanya, kata dr Utami, ibu konsisten menyusui eksklusif tanpa kecuali.

KB alami ini efektif berlangsung tidak lebih dari enam bulan. Karena menurut dr Utami, selepas dari enam bulan, bayi sudah harus diberi makanan pendamping ASI. Artinya, ASI sudah tak lagi eksklusif dan ibu sudah kembali haid normal.

Tak sulit mencari cara alami untuk KB bukan? Apalagi sekaligus memberikan nutrisi terbaik untuk bayi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com