Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Akar Pilih Pengobatan Alternatif

Kompas.com - 07/06/2010, 14:12 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dokter RSHS Bandung yang menangani Dede "Manusia Akar" menyatakan tidak akan bertanggung jawab atas tindakan keluarga yang mencoba menyembuhkan Dede dengan pengobatan alternatif.

Kabar terakhir menyebutkan, karena kutil di badannya tidak kunjung sembuh, pihak keluarga mengolesi kutil Dede dengan minyak tanah dari Lampung dan sejenis tepung.

"Saya mendapatkan kabar bahwa Dede si 'manusia akar' menggunakan minyak tanah dari Lampung. Katanya itu obat tradisional. Kalau ada apa-apa dengan kesehatan dia, itu di luar tanggung jawab kami," kata anggota tim dokter RSHS Bandung, dr Rachmat, Senin (7/6/2010).

Ia menjelaskan, di dalam minyak tanah terkandung racun dan itu bisa membahayakan kesehatan Dede. Pihaknya menyayangkan sikap keluarga Dede yang memberikan obat sembarangan kepada Dede.

"Mungkin keluarga mendengar ada obat tradisional yang bisa menyembuhkan kutil Dede. Tetapi kami sangat menyayangkan sekali. Sebaiknya kalau mau pakai obat harus ada bukti medis. Sebaiknya jangan memakai obat sembarangan," ujar Rahmat.

Ia menyarankan agar keluarga Dede membawa Dede untuk kontrol ke RSHS. "Kalau memang obat salepnya habis, tinggal datang saja ke sini (RSHS Bandung). Dede juga bisa kontrol kapan saja ke RSHS tanpa harus menunggu telepon dari RSHS," katanya.

Operasi terakhir, atau yang ke-10, Dede "Manusia Akar" dilakukan pada bulan April 2010. Namun, seusai operasi tersebut, kutil di bagian tangan dan kaki Dede tumbuh kembali dan membuat pihak keluarganya memberikan obat tradisional berupa minyak tanah dari Lampung dan dibalur oleh tepung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com