Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Bikin Puber Lebih Cepat

Kompas.com - 12/06/2010, 07:57 WIB

Kompas.com - Daging merupakan sumber protein yang mudah dicerna dan baik untuk proses tumbuh kembang anak. Namun, anak perempuan yang terlalu sering mengonsumsi daging di masa kanak-kanak bisa menyebabkan datangnya pubertas atau masa menstruasi yang lebih cepat dibanding remaja lain.

Para ilmuwan dari Inggris membandingkan pola makan 3000 remaja putri berusia 12 tahun. Mereka yang mengonsumsi daging lebih banyak di usia tiga tahun (lebih dari enam porsi seminggu) dan usia tujuh tahun (12 porsi seminggu) ternyata mengalami masa puber lebih cepat.

Dalam laporan yang dimuat dalam jurnal Public Health Nutrition, para ahli menyebutkan pola makan tinggi daging akan membuat tubuh siap untuk kehamilan dan memicu pubertas lebih awal.

Selama abad 20, usia rata-rata remaja putri mendapatkan menstruasi terus menurun secara signifikan. Hal ini antara lain didisebabkan oleh nutrisi yang lebih baik dan meningkatnya kadar kegemukan, yang berpengaruh pada hormon.

Berbagai penelitian menunjukkan, masa menstruasi yang lebih cepat berkaitan dengan risiko terkena kanker payudara karena kaum perempuan terpapar oleh kadar estrogen yang lebih tinggi sepanjang hidupnya.

Kendati demikian, para ahli tidak merekomendasikan para remaja putri untuk takut mengonsumsi daging karena konsumsi daging para responden tersebut tergolong sangat tinggi.

"Daging adalah sumber zat besi dan zinc. Saat hamil tubuh kita memerlukan dua nutrisi tersebut. Dengan kata lain pola makan tinggi daging hanya cocok untuk ibu hamil," kata Dr Imogen Rogers, dosen nutrisi dari University of Brighton, Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com