Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiwi, The Super Fruit

Kompas.com - 17/06/2010, 14:43 WIB

Kompas.com - Hingga saat ini memang belum ada pil ajaib yang mampu menangkal penyakit mematikan sekaligus membuat langsing. Namun ada solusi lain, sesuatu yang bukan cuma membuat sehat dan melangsingkan, tapi juga rasanya enak, yakni buah kiwi.

Elisa Zied, MS, ahli nutrisi dan penulis buku Feed Your Family Right, menyebutkan kiwi termasuk dalam satu dari 10 jenis makanan super (super food). Kiwi termasuk buah yang multitasking karena mengandung nutrisi pelawan penyakit, rasanya enak, mengandung sedikit kalori, plus membuat kulit awet muda. Benar-benar super!

Buah kiwi sering diidentikkan dengan Selandia Baru. Padahal, buah yang kulitnya berbulu dan bentuknya mirip sawo ini sebenarnya berasal dari Cina dan baru masuk ke Selandia Baru awal tahun 1990-an.

Keberhasilan industri buah kiwi di Selandia baru tak lepas dari jasa Isabel Fraser, seorang guru yang membawa pulang biji-biji kiwi setelah mengunjungi kerabatnya di Cina. Biji-biji kiwi itu lalu diberikannya pada keluarga Allison, yang memang bergelut di bidang hortikultura. Sejak itulah pertanian buah kiwi di Selandia Baru dimulai.

Nama asli buah kiwi adalah Yang Tao. Orang Selandia Baru menganggap buah itu memiliki cita rasa gooseberry dan disebut Chinese Gooseberry. Baru sekitar tahun 1959 buah tersebut diberi nama "buah kiwi" setelah penetapan burung kiwi sebagai simbol Selandia Baru.

Dua jenis

Di pasaran dunia saat ini terdapat dua jenis buah kiwi, yakni green (hijau) dan gold (emas). kiwi hijau menggunakan nama botani Actinidia deliciosa dan kiwi emas disebut  Actinidia chinensis. Rasa kiwi hijau agak asam dan segar. Sedang kiwi emas terasa lebih manis di lidah.

Kandungan vitamin C dalam kiwi hijau 92,7 mg vitamin C per 100 gram, sedikit di bawah kandungan vitamin C kiwi emas yang mencapai 105,4 mg per 100 gram.

Kendati demikian, menurut Fiastuti kandungan vitamin C dalam kiwi hijau dan kiwi emas lebih banyak dibanding jeruk dan pepaya. Sementara itu kandungan vitamin E-nya melebihi mangga dan pepaya.

Selain vitamin, kedua jenis buah kiwi ini juga kaya akan serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna. Bukan hanya itu, serat yang cukup juga bisa menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com