Penentu Kualitas dan Harga Berlian

Kompas.com - 17/06/2010, 22:45 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Berlian menjadi salah satu barang tersier berharga yang bisa dimiliki seseorang. Jika menyimpannya sebagai investasi di masa mendatang, nilainya akan terus menanjak. Maklum, berlian termasuk barang langka dan mahal karena tidak mudah untuk menambangnya. Tidak heran calon investor perlu mengenali berlian lebih jauh untuk mendapatkan kualitas terbaik sebagai investasi.

Dari satu berlian mentah yang diperoleh dari penambangan, hanya 40 persennya yang dinyatakan berkualitas tanpa banyak sidik jari dan dinilai bisa digunakan. Sedangkan 60 persennya terbuang atau dibuat sebagai piring pengasah berlian. Sidik jari alam merupakan istilah lain dari kondisi berlian yang kurang sempurna. Bahasa awamnya adalah berlian yang cacat. Namun berlian termasuk logam mulia mewah yang bernilai tinggi. Proses pembuatannya dan asalnya yang dari tanah dengan kedalaman ratusan meter, membuat berlian mengandung sidik jari alam di dalam dan bukan di permukaannya.

Lantas faktor apa saja yang menentukan kualitas dan harga sebuah berlian?

Tanya AS Permato AJP dari Frank & Co menjelaskan empat faktor yang disebut "4C", ditambah 1C menjadi penentunya.

1. Color
Warna berlian terbaik adalah transparan atau dalam ukuran mutu warna taraf internasional termasuk warna D. Dalam ukuran dunia, warna berlian dimulai dari urutan alfabet D berwarna putih bening (transparan) adalah yang terbaik, menurun hingga ke Z dengan warna kuning terang.

"Memang cukup sulit membandingkan kualitas warna berlian, karenanya dibutuhkan penjelasan yang tepat tentang warna sebelum membelinya," kata Tanya.

Jikapun ada berlian yang disebut fancy yellow diamond, ini bukan berlian kuning yang berkualitas lebih rendah. Justru, kata Tanya, berlian jenis ini sangat langka karena memiliki warna asli yang ditemukan saat penambangan. Selain kuning, terdapat juga berlian langka berwarna pink, biru, atau hijau. Berlian ini tak ada patokan harga dan bisa naik setinggi-tingginya. Berlian inilah yang dipilih Pangeran Charles saat meminang Putri Diana.

Menurut Tanya, tren dua tahun ke depan, berlian dengan skala warna F akan tetap stabil dan diminati pasar.

2. Clarity
Kejernihan berlian menentukan harga. Semakin sedikit sidik jari alam, nilai berlian semakin tinggi. Agak sulit untuk medeteksinya, karenanya dibutuhkan lensa dengan pembesaran 10 kali (tidak boleh lebih) untuk melihatnya. Ketelitian investor diperlukan untuk melihat kejernihan berlian.

Tanya menjelaskan terdapat lima kelas kejernihan dari tingkat tertinggi ke terendah:
* FL (Flawless) - IF (Internally Flawless)
* VVS1 - VVS2 (very, very slightly included)
* VS1 - VS2 (very slightly included)
* SI1 - Si3 (slightly included)
* I1 - I3 (included)

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X