Dream Job: Florist

Kompas.com - 25/06/2010, 17:20 WIB
EditorNF

KOMPAS.com - Di iklan-iklan produk perawatan kecantikan kulit wanita, seringkali menggunakan model yang profesinya sebagai florist. Sebenarnya, apa dan bagaimana pekerjaan seorang florist? Berikut wawancara majalah Chic dengan Gabriella Cindy, 26, pemilik Gabriella Cindy Florist. Lulusan The London School of Public Relations jurusan Komunikasi Massa ini sempat bekerja di sebuah perusahaan forex index. Tak suka bekerja di kantor, ia mengikuti saran neneknya untuk menjadi seorang florist. Ia mengambil kursus merangkai bunga selama 8 bulan, kini ia memutuskan menjadi florist dan membuka usaha sendiri pada Juni 2009.

Seperti apa pekerjaan seorang florist?
Merangkai bunga, baik bunga sungguhan atau bunga imitasi dan dekorasi lain. Bentuknya bisa korsase, karangan bunga, dekorasi pernikahan, dan jenis desain bunga lain. Desain yang dibuat bisa mengikuti standar atau mengikuti pesanan pelanggan. Biasa orang pesan bunga untuk hadiah Valentine, ulang tahun, dan ucapan terima kasih.

Yang menyenangkan dari profesi ini?
Buat yang suka bunga seperti saya, menjadi florist menyenangkan. Kita bisa berkreasi dengan berbagai macam bunga dan merangkai menjadi sebuah karangan yang cantik dan indah. Kalau melihat orang puas dengan hasil rangkaian, kita pasti ikut senang. Saya juga bisa mengatur jam kerja karena jam kerjanya tidak seperti orang kantoran.

Perlu keahlian khusus dalam bekerja?
Yang pasti florist harus memiliki pengetahuan tentang berbagai macam bunga, daun, dan tanaman pot. Plus bagaimana mengkombinasikan dalam sebuah komposisi rangkaian. Kita juga harus selalu up-to-date dengan gaya desain bunga saat ini. Semua ini bisa dipelajari secara otodidak, tapi bisa juga dari tempat kursus merangkai bunga. Selain itu memiliki bakat artistik dan mampu bekerja baik dengan tangannya. Jika ingin membuka toko, florist juga harus memiliki jiwa bisnis yang baik.

Bisa bekerja di mana saja?
Bisa bekerja di toko-toko bunga ritel atau mengelola toko sendiri. Bisa juga bekerja sama dengan Event Organizer, Wedding Organizer, atau menjadi penata bunga di hotel.

Penghasilan setiap bulan?
Lumayan, bisa antara Rp 3-5 juta per bulan, apalagi di hari Valentine, pasti banyak pesanan.

(Erma Dwi Kusumastuti/Majalah Chic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.