Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perempuan Memburu Pria Kaya?

Kompas.com - 28/06/2010, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Tentu, tidak ada perempuan yang dengan sengaja ingin menikah dengan pria yang keuangannya pas-pasan. Ketika hal itu terjadi, tentu ada sejarah yang panjang mengenai hubungan Anda. Entah karena Anda begitu mencintainya, entah karena ia memang pria terbaik yang pernah Anda temui, atau karena hubungan sudah terjalin begitu lama sehingga Anda tak ingin mencari pria yang lain.

Namun bila kita bisa merencanakan masa depan lebih baik, apa salahnya bila kita mencari pria yang bisa memberi rasa aman secara finansial?

"Kita ini secara genetik sudah diprogram untuk mencari pria-pria yang sukses," jelas Lisa Johnson, penulis buku How to Snare a Millionaire. "Dari jaman purba, perempuan itu harus berpasangan dengan pemburu terbaik, sosok yang bisa menjadi penyebar spesies kita."

Memang tidak semua perempuan dengan sengaja mencari pria yang kondisi keuangan yang di atas rata-rata. Jika pria yang Anda cintai ternyata juga kaya, itu tentu bonusnya. "Penemuan" semacam itu bisa membuat hidup Anda lebih baik, dan membuka peluang yang baik untuk Anda maupun anak-anak Anda kelak.

"Tetapi salah jika Anda berpikir bahwa uang bisa membeli cinta atau kebahagiaan. Tidak bisa," tutur Kim Gandy, presiden National Organization for Women.

Mendapatkan pria kaya tidak menjadi jaminan Anda bisa mendapatkan kebahagiaan secara batin (apalagi jika suami Anda tipe peselingkuh). Namun, hasil penelitian yang dilakukan sosiolog dari University of Virginia, Bradford Wilcox dan Steven Nock, para perempuan menikah di Amerika cenderung lebih bahagia ketika suami mereka berhasil memenuhi segala kebutuhan keluarga lebih dari cukup.

"Studi kami menunjukkan bahwa para perempuan yang mempertimbangkan kekayaan pasangan ketika masih berpacaran, cenderung lebih bahagia selanjutnya," ungkap Wilcox.

Meskipun demikian, Anda tidak disarankan untuk menggantungkan hidup Anda hanya dari penghasilan suami. Sebab ketika perkawinan Anda kandas, Andalah yang dirugikan. Ketika Anda dihadapkan pada persoalan pengasuhan anak, Anda harus mampu membiayai hidup Anda sendiri. Maka, tetaplah bekerja untuk mendapatkan keamanan finansial demi Anda sendiri. 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com