Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips untuk Para "Shopaholic"

Kompas.com - 03/07/2010, 18:10 WIB

KOMPAS.com Bulan Juni-Juli pasti menjadi bulan-bulan yang menyenangkan tetapi sekaligus menyeramkan bagi para shopaholic. Pada bulan-bulan ini, Anda pasti akan menjadi lebih konsumtif. Selain karena banyak produk memotong harga untuk end of season, segala penawaran Jakarta Great Sale membuat sepertinya semua barang memohon untuk Anda beli. Uff, supaya Anda tidak mudah terbujuk dan masih bisa menyelamatkan sisa uang yang Anda miliki untuk bulan ini, simak beberapa tips di bawah ini:

1. Cukup miliki 1 kartu kredit.
Jika Anda tipe yang tak bisa menahan diri untuk tidak berbelanja, maka tawaran promosi potongan apa pun dari penerbit kartu kredit di toko mana pun akan membuat Anda gatal untuk berbelanja. Itu hanya satu kartu kredit yang bisa dengan mudahnya Anda lupakan utangnya. Lalu, bagaimana jika kartu kredit lain menawarkan hal-hal serupa tapi di toko yang berbeda? Duh, makin banyak utang Anda. Ketahui dan hitung kebutuhan Anda tiap bulannya. Perhitungkan, apakah Anda benar-benar butuh kartu kredit sebanyak itu? Kenyataannya, jika Anda butuh diskon untuk bisa membeli suatu barang, pada dasarnya Anda tak sanggup membeli barang itu. Sebaiknya lupakan saja.

2. Bagi per warna.
Batasi penggunaan warna pada pakaian Anda. Mengapa? Semakin banyak warna yang biasa Anda gunakan, makin banyak pula kebutuhan Anda untuk mencocokkannya. Jika Anda hanya memakai beberapa warna, misal, warna coklat, hitam, dan putih saja, maka barang-barang yang Anda beli pun tak akan jauh dari sana, dan makin sedikit yang akan Anda beli. Dengan sedikit warna yang dalam kelompok dekat, makin mudah untuk dipadupadankan untuk memaksimalkan pakaian Anda.

3. Jangan membawa kartu kredit saat belanja.
Oke, tips yang ini sudah sangat sering didengar. Tapi ini berhasil. Simpan hanya uang tunai di dompet. Dengan begini, jika Anda melihat sesuatu yang ingin Anda beli, maka Anda harus menahan diri, dipikirkan dulu, baru kembali lagi keesokan hari jika memang masih ada ketertarikan untuk membelinya. Proses ini akan membuat Anda memikirkan penting atau tidaknya barang itu untuk dibeli.

4. "Garage sale".
Sebenarnya, jika Anda pikirkan, berapa banyak barang yang Anda butuhkan? Supaya lemari Anda tidak penuh barang-barang tak jelas, coba lakukan garage sale, entah itu lewat penjualan di garasi Anda atau lewat online. Juallah barang-barang yang sesuai musimnya. Misal, baju tanpa lengan jual pada pertengahan tahun, masa ketika memang banyak orang mencari baju untuk musim yang panas.

5. Belajar menjahit.
Mencoba menjahit pakaian Anda sendiri benar-benar bisa menghemat uang. Tambahannya lagi, Anda jadi akan makin menghargai setiap pakaian yang Anda miliki, plus, menjadi saluran untuk berkreasi. Ketimbang menghabiskan waktu mencari baju yang sempurna, Anda bisa membuat sendiri baju impian Anda.

6. Cari celengan.
Tahukah Anda, meski terlihat sepele, koin-koin sisa kembalian dari pembelanjaan Anda jika dikumpulkan pun bisa jadi bernilai. Jadi, carilah celengan, setiap hari, jika di saku atau dompet Anda ada receh yang bergemerincing. Sedikit demi sedikit, koin-koin itu akan menjadi bukit. Ketika sudah penuh, tukarkan koin-koin itu ke bank, Anda pun akan mendapatkan uang yang lumayan banyak.

7. Jadi profesional di bidangnya.
Suka belanja? Mengapa tidak mencoba bekerja di department store atau butik kesayangan? Biasanya para karyawan department store akan memberikan diskon untuk para karyawannya. Anda pun akan mengetahui barang-barang terbaru apa musim ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com