Memilih Perawatan Wajah Sesuai Kebutuhan Kulit

Kompas.com - 14/07/2010, 18:16 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Membersihkan wajah secara rutin dan benar mempengaruhi kesehatan kulit. Bahkan dengan memilih produk perawatan wajah yang tepat, Anda bisa menghemat. Anda tak perlu mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk merawat kulit di klinik kecantikan. Namun karena ada berbagai macam produk perawatan wajah di pasaran, sebaiknya Anda kenali dulu jenisnya:

Facial wash
Sabun pembersih wajah bisa digunakan untuk mengangkat kotoran dan make-up. Namun pembersih wajah jenis ini belum ampuh mengangkat minyak pada wajah. Artinya, minyak pada wajah masih utuh.

Facial scrub
Pembersih wajah jenis scrub berfungsi memperbaiki warna kulit Anda dan menghapus bintik-bintik kasar. Beberapa facial scrub bahkan membuat kulit lebih bersinar dan mengurangi kerutan. Facial scrub digunakan dengan cara yang sama dengan facial wash (baca: cara menggunakan scrub).

Facial serum
Produk perawatan wajah jenis ini mencegah penuaan kulit. Facial serum membantu meremajakan kulit dengan kandungan vitaminnya. Jika lingkar hitam di area mata Anda sudah semakin kentara, gunakan facial serum untuk mengurangi lingkar hitam di area mata. Untuk menggunakan produk ini pastikan wajah Anda sudah bersih. Oleskan serum (dalam jumlah sedikit saja) di area mata dengan ujung jari. Lakukan perawatan ini sebelum menggunakan make-up dan sebelum menggunakan pelembab di malam hari. Umumnya facial serum aman untuk semua jenis kulit. Namun jika kulit Anda sangat sensitif, sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya sebelum memilih perawatan wajah.

Facial oil
Menggunakan pembersih dalam bentuk minyak untuk wajah bisa membuat kulit lebih segar, kencang, dan menenangkan. Facial oil bisa digunakan sebagai pengganti pelembab, namun hindari menggunakan minyak wajah dan pelembab bersamaan.

Produk buatan pabrikan mudah ditemukan di berbagai outlet kecantikan. Namun tak sulit juga menemukan produk alami dari dapur Anda untuk perawatan wajah sebagai alternatifnya, misalnya dengan cara berikut:

* Campurkan sepertiga cangkir madu dengan setengah cangkir susu, masukkan ke dalam mangkok.
* Oleskan campuran madu dan susu ini ke wajah Anda, bisa juga dengan menggunakan kuas yang lembut khusus wajah.
* Diamkan selama 20 menit.
* Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih.
* Basuh wajah dengan handuk (jangan digosok), lalu gunakan pelembab setelah wajah kering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggabung produk keluaran pabrik dan produk dari bahan alami sekali waktu tak jadi soal. Asalkan Anda memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan kulit. Jika perlu lakukan konsultasi dengan pakarnya agar hasilnya lebih maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.