Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogurt, Sajian Sehat untuk Anak

Kompas.com - 15/07/2010, 15:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peranan yogurt untuk menjaga kesehatan pencernaan sudah tak diragukan lagi. Yogurt dengan probiotik memang membantu menyeimbangkan kondisi flora usus.

"Konsumsi yogurt sebaiknya jadi bagian dari gaya hidup sehat, supaya nutrisi bergizi tinggi terserap dengan optimal," kata Marudut, ahli gizi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi).

Komposisi yogurt yang mirip dengan komposisi susu ditambah sifatnya yang mudah dicerna membuat produk ini juga cocok dikonsumsi anak-anak. "Untuk anak di atas usia setahun boleh dijadikan selingan," kata dr.Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD.

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan, anak-anak yang mengonsumsi yogurt secara teratur gejala-gejala alerginya berkurang secara signifikan. Manfaat lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memelihara kesehatan saluran cerna.

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis yogurt dengan citarasa enak di lidah, bahkan kini ada juga yang diformulasi khusus untuk balita. Anda dapat menyajikan yogurt secara langsung atau disajikan dengan buah atau disesuaikan dengan kemampuan anak mengunyah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com