Teknik Mengatasi Vaginismus

Kompas.com - 02/08/2010, 09:25 WIB
EditorNF

KOMPAS.com - Vaginismus bukanlah kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Jika Anda mengalaminya, carilah bantuan dengan bicara pada dokter atau ahli terapi psikoseksual. Hal ini akan membantu Anda memahami apa penyebab dan bagaimana cara terbaik mengatasinya.

Anda juga dapat mencoba mengatasinya sendiri dengan teknik berikut:
1. Rileks. Berlatihlah teknik pernapasan dan dengarkan musik yang dapat membuat Anda merasa tenang. Pahamilah tubuh Anda dengan baik.

2. Latih otot Miss V untuk membantu mengendalikan respons Anda.

3. Pusatkan pikiran untuk menikmati sensasi menyenangkan dari sentuhan dan pastikan Anda benar-benar terangsang sebelum menerima penetrasi.

4. Saat Anda merasa santai, coba lakukan sendiri penetrasi pada Miss V. Mulailah dengan benda kecil seperti cotton bud atau ujung jari. Setelah kepercayaan diri berkembang, tingkatkan dengan mencoba satu jari penuh, lalu cobalah dengan jari pasangan.

(Erma/Majalah Chic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.