Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sedang Dipakai Pun, Elpiji Meledak

Kompas.com - 04/08/2010, 02:47 WIB

SUMEDANG, KOMPAS.com – Ledakan keras mengagetkan Ny Saeti (40), Selasa (3/8/2010).Saat ledakan itu terjadi, janda yang tinggal di Kampung Cijambu, Desa Kadakajaya, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, tersebut sedang bekerja membuat comro garing.

Saat keluar untuk mencari asal ledakan, Saeti pun langsung dikejutkan dengan kobaran api disertai kepulan asap telah membakar rumahnya yang terhalang tiga rumah. Seketika itu juga, api melahap rumah semi permanen ukuran 11x10 meter miliknya.

Kondisi kampung yang sepi, karena kaum lelaki sedang di sawah dan kaum perempuan menjadi buruh pembuat comro garing, membuat api leluasa melahap bangunan tersebut. Saeti sendiri tak mampu berbuat banyak.

“Kurang dari satu jam bangunan itu sudah ludes. Kaum lelaki di kampung ini banyak yang pergi ke sawah,” kata Camat Tanjungsari, Denny Tanrus.

Saat ditemui wartawan, Saeti pun menuturkan bahwa ia meninggalkan rumahnya saat pagi hari tadi. “Sebelum berangkat kerja, saya sempat menggoreng pisang untuk sarapan dengan menggunakan kompor gas elpiji dan tabung 3 kg,” kata Saeti.

Menurutnya, saat meninggalkan rumahnya, listrik dalam keadaan padam. Ia menduga, ledakan yang terjadi berasal dari tabung elpiji yang digunakan. “Saya hanya sendirian tinggal di rumah dan kalau makan biasanya ke rumah orang tua. Saat meninggalkan rumah listrik dalam keadaan dipadamkan,” katanya lagi.

Camat Denny Tanrus menyebutkan, kebakaran itu akibat dari bocornya gas elpiji tabung 3 kg. “Sebelum kebakaran itu, warga mendengar ledakan dan ada kepulan asap kemudian terbakar. Tabung gas 3 kg sudah dibawa polisi sebagai barang bukti,” kata Denny.

Aparat Polsek Tanjungsari saat ini sedang menyelidiki penyebab kebakaran yang meludeskan rumah milik Saeti. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta. “Semua barang yang ada di rumah habis terbakar dan yang tersisa hanya baju yang dipakai saja,” kata Ny Saeti.

Korban Gas Elpiji di Sumedang:

1. Oyo (66) (tewas), warga Manyintreuk, Desa Panyindangan, Kecamatan Buahdua, Minggu 6 Juni 2010. 2. Karsa (60), luka bakar, warga Naringgul, Kecamatan Buahdua. Kamis, 24 Juni 2010. 3. Ny Yuyun (47), luka bakar, warga Kampung Babakanbuah, Desa Legok Kaler, Kecamatan Paseh. Selasa 6 Juli 2010 4. Ngasimin (40), (tewas), warga Gang Sastra, Panyingkiran, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara. Sabtu 10 Juli 2010. 5. Aah (70), luka bakar, warga Sindangtaman, Desa Cipanas, Tanjungkerta. Rabu 14 Juli 2010 6. Rumah milik Ny Saeti (40) ludes terbakar, warga Cijambu, Desa Kadakajaya, Kecamatan Tanjungsari. Selasa 3 Agustus 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com