Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekskul, Bermanfaat Asal Tepat

Kompas.com - 11/08/2010, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Bagi anak-anak, ekskul (ekstrakurikuler) sekolah memang ibarat timbangan. Di satu sisi ada murid yang menyukai kegiatan ini. Namun, di sisi lain ada juga murid yang merasa ekskul hanya membebani mereka.

Hal ini biasanya terjadi bagi murid yang merasa sudah sibuk dengan segala urusan sekolah dan ingin merasakan sedikit kebebasan di luar sekolah. Agar anak Anda mengikuti ekskul yang tepat, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, sesuaikan dengan hobi dan minat. Setiap sekolah tentu memiliki ekskul yang beragam. Mulai dari kesenian, pelajaran, hingga olahraga. Oleh sebab itu, sebaiknya murid menyesuaikan ekskul dengan hobi atau minatnya.

Selain itu, jika anak Anda telah mengikuti kursus belajar di luar sekolah, sebaiknya Anda menyarankan mereka mengikuti ekskul yang tidak lagi berhubungan dengan pelajaran. Hal ini untuk membuat agar mereka tidak jenuh.

Kedua, perhatikan waktu ekskul tersebut. Biasanya ekskul diadakan setelah jam pelajaran sekolah berakhir. Ada juga sekolah yang menentukan hari-hari tertentu untuk masing-masing ekskul. Namun, terkadang ada juga ekskul yang mengadakan kegiatan di luar jam sekolah karena kebutuhan tertentu.

Jika demi kepentingan sekolah dan murid, hal ini tentu tak masalah dilakukan. Namun, jika murid merasa terlalu diforsir waktunya dan mereka jadi tak sempat istirahat, tentunya hal ini perlu dipertimbangkan kembali.

Ketiga, tentukan tujuan kenapa memilih salah satu ekskul. Jika segala sesuatunya dilandasi dengan niat, maka ke depannya akan menjadi lebih baik. Begitu pula dengan ekskul. Banyak murid yang mengikuti ekskul hanya setengah-setengah. Biasanya mereka mengikuti ekskul hanya karena syarat wajib dari sekolah atau karena sekadar ikut-ikutan teman.

Jika hal ini yang terjadi, biasanya murid akan malas melakukannya. Padahal, jika ditelaah, memilih ekskul yang tepat dan niat akan membantu di bidang pekerjaan nantinya. Melalui ekskul, murid akan ditempa bagaimana cara berinteraksi, berkomunikasi, dan berorganisasi. Oleh sebab itu, diperlukan dukungan dari orangtua agar anaknya tetap semangat mengikuti ekskul.

(INO/Kompas Klasika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com