Menghitung Kebutuhan Kalori Anak

Kompas.com - 28/08/2010, 12:43 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com Kegemukan pada anak bukanlah masalah yang lucu. Jika kondisi lemak tubuh anak berlebih, maka ia bisa mengidap berbagai macam penyakit. Supaya hal tersebut tidak terjadi, pastikan kebutuhan kalori si anak tercukupi. Namun, bagaimana menghitungnya?

Rata-rata, anak di atas setahun sampai 10 tahun membutuhkan 100 kalori per kilogram berat badan. Di atas 10 tahun, butuh 90 kalori per kilogram berat badan, usia 12 tahun 70 kalori per kilo berat badan. Jadi, anak 2 tahun dengan berat badan 10 kilogram membutuhkan 1.000 kalori per hari, yang kemudian diterjemahkan ke dalam makanan.

Cara menghitung kebutuhan kalori yang lebih mudah adalah dengan memakai piring sebagai takaran. Misalnya, anak usia 2 tahun memiliki pola makan 3 piring komposisi lengkap setiap hari. Porsi nasinya harus cukup besar. Lauknya pun sebesar porsi nasi, sementara sayurnya sedikit, ditambah lain-lain. Ini kebalikan dari orang dewasa. Nasinya sedikit, lauknya juga tidak terlalu besar, tetapi sayur dan buahnya yang besar.

(Hasto P/Tabloid Nova)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X