10 Cara Diet Sehat dengan Kreasi Buah

Kompas.com - 29/08/2010, 09:58 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Idealnya, untuk memenuhi asupan serat, Anda harus mengonsumsi 10 porsi buah setiap hari. Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid juga menyarankan, sebaiknya pilih buah dengan warna berbeda karena beda warna, beda pula kandungan vitamin dan mineralnya. Buah segar juga bisa dinikmati dengan banyak cara. Entah itu sebagai camilan, pencuci mulut, sebagai lauk, bahkan sebagai sajian makanan utama.

Jika bosan memakan buah secara langsung, coba ubah buah segar menjadi kreasi menu yang memancing selera dan nikmat.

1. Buah panggang
Potong kecil apel, pir, atau persik, lalu baluri dengan minyak canola dan taburi dengan kayu manis. Tusukkan potongan buah pada tusuk sate dan atau bungkus dalam aluminium foil. Panggang buah pada panas rendah selama 3 - 5 menit.

2. Topping buah
Siapkan mangkuk, campurkan satu buah persik yang sudah diiris halus dengan 2 sdm madu dan 1/2 sdt kayu manis. Hancurkan bahan dalam mangkuk dengan garpu hingga campuran berbentuk seperti saus apel tebal. Sajikan sebagai topping untuk pancake atau ayam panggang.

3. Yogurt buah
Campurkan 1/2 cangkir yogurt lemon bebas gula dan rendah lemak, dengan  1 sdt perasan jeruk nipis segar dan 1 sdt perasan limau. Sajikan dengan potongan nenas, strawberry, buah kiwi yang dipotong dadu, irisan pisang, dan anggur.

4. Lolipop buah beku
Blender strawberry dan pisang dengan 1/4 cangkir jus jeruk dan 3/4 cangkir yogurt strawberry rendah lemak. Blender bahan ini hingga halus. Tuang buah blender ini ke dalam cetakan atau cangkir kertas ukuran 2-3 ons dengan batang kayu atau plastik yang ditempatkan di tengah (seperti lolipop dan atau es krim). Bekukan selama tiga jam. Sajian siap disantap setelah buah membeku sempuna.

5. Salad selada strawberry
Campurkan selada dengan 1/2 cangkir potongan strawberry dalam mangkuk. Taburkan 1 1/2 sdm raspberry vinaigrette dressing dan aduk rata. Lalu taburi lagi dengan 1 sdm kacang mete.

6. Blueberry-banana smoothie
Blender 2 buah pisang beku, 1/2 cangkir blueberry segar, dan 1 cangkir yogurt vanila rendah lemak, hingga halus.

7. Plum salsa
Campurkan 1 cangkir plum yang sudah dicincang, dengan 1 sdt ketumbar, 2 sdm bawang cincang, 2 sdt cuka sari apel, 1/4 sdt saus pedas, 1/8 sdt garam. Sajikan dengan dada ayam panggang.

8. Kebab buah panggang
Satukan potongan buah, seperti melon, nenas, mangga dalam tusuk sate. Letakkan tusuk sate buah di atas loyang dan taburi dengan gula merah. Panggang sekitar 2 menit.

9. Berry a la mode
Campurkan dua cangkir berry (bisa dengan mencampur raspberry, blueberry atau strawberry), dalam sebuah loyang. Taburkan 1/8 sdt bubuk kayu manis dan 1/3 cangkir granola rendah lemak. Panggang dengan suhu sekitar 177 derajat Celsius hingga buah mendidih selama 30 menit. Berikan topping dengan 1/2 es krim vanila bebas lemak.

10. Mangga salsa pizza
Campurkan  1 cangkir paprika merah atau hijau yang sudah dicincang, 1/2 cangkir bawang merah cincang, 1/2 cangkir mangga cincang, 1/2 cangkir nenas cincang, 1 sdm air jeruk nipis, dan 1/2  cangkir ketumbar segar. Panggang adonan dalam bentuk seperti pizza dengan ketebalan 12 inci. Panggang dengan suhu 218 derajat Celsius hingga topping panas dan kerak kecoklatan, sekitar 5 sampai 10 menit.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X