Budget "Laskar Pelangi Musical" Ditaksir Rp 8 Miliar Lebih

Kompas.com - 01/09/2010, 11:30 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com Sebuah acara musikal akan digelar di Jakarta, yakni Laskar Pelangi Musical (LPM). Gelaran itu rencananya bersamaan dengan peresmian Gedung Teater Jakarta yang terletak di Kompleks Taman Ismail Marzuki atau TIM, Menteng, Jakarta Pusat.

Pertunjukan itu akan digelar selama tiga minggu mulai tanggal 17 Desember 2010. Pertunjukan musikal itu diambil dari buku Laskar Pelangi yang juga sudah difilmkan.

"Dari sekian banyak pagelaran musikal yang saya datangi dan lihat, ini (Laskar Pelangi) akan menjadi pertunjukan Indonesia yang sangat unik dan integrated sekali," kata Mira Lesmana, produser Laskar Pelangi Musical, kepada Warta Kota, Jumat (27/8/2010).

Keunikan musikal itu akan dibuat dengan nuansa khas Sumatera. Pertunjukan itu akan memadukan unsur musik dan tari asal Sumatera. Sebanyak 20 komposisi musik akan dimainkan selama 2,5 jam.

Acara itu digelar setiap hari, kecuali hari Senin, dan dua kali pertunjukan pada hari Sabtu dan Minggu. Sebanyak 120 pemain dan kru akan dikerahkan untuk menyukseskan acara itu.

Tidak heran jika biayanya terus membengkak. Mira mengaku belum mengetahui dana yang akan dibutuhkan untuk acara itu karena angkanya masih terus bergerak. "Saya prakirakan biayanya lebih besar dari pembuatan film Laskar Pelangi, yang menghabiskan dana Rp 8 miliar," kata Mira.

Meski dana yang dibutuhkan besar, Mira sangat yakin kalau pertunjukan itu akan memberikan keuntungan. Mira juga percaya bahwa para penontonnya akan terpuaskan dengan pertunjukan yang digelar selama tiga pekan itu. Kehadiran tangan-tangan dingin, seperti Jay Subiakto, Erwin Gutawa, dan Riri Reza, akan menyuguhkan pertunjukan yang tidak akan dilupakan oleh penonton.

Mira juga tidak akan khawatir kalau orang akan membandingkan antara film Laskar Pelangi dan LPM. Mira menganggap hal itu wajar karena setiap orang punya pendapat yang berbeda. (wik)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.