Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Baik untuk Persiapan Kehamilan

Kompas.com - 10/09/2010, 00:43 WIB

KOMPAS.com — Kondisi fisik perlu dipersiapkan lebih baik untuk menyambut kehamilan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari atau dikurangi. Ada juga kebiasaan baik yang bisa menunjang kehamilan. Jalani kebiasan baik ini untuk mempersiapkan kehamilan:

Menjaga IMT normal
Ada cara mudah untuk mendeteksi apakah perbandingan berat tubuh dan tinggi badan Anda berada di dalam "takaran" yang normal atau tidak, caranya dengan menghitung indeks massa tubuh (body mass index/BMI).

Pengategorian berat badan seseorang berdasarkan IMT adalah:
IMT 18,5 - 24,9: Normal
IMT 25 - 30: Kegemukan
IMT 30,1 - 34,9: Obesitas Kelas I
IMT 35 - 40: Obesitas Kelas II
IMT > 40: Obesitas Kelas III

Memiliki IMT di atas 25 meningkatkan risiko masalah kesehatan. Salah satunya adalah masalah hormonal yang memengaruhi siklus menstruasi atau ovulasi. Masalah ini juga memengaruhi tingkat fertilitas perempuan.

Berhenti merokok
Anda tentu setuju, rokok berpengaruh buruk pada kesehatan, terutama bagi perempuan. Bahkan banyak studi menunjukkan, kebiasaan buruk ini meningkatkan risiko menopause dini. Berhentilah merokok sekarang juga untuk menyehatkan kembali level kesuburan Anda.

Konsumsi asupan bergizi mengandung asam folat
Asam folat dibutuhkan tubuh sebagai salah satu asupan vitamin B untuk pembentukan sel baru. Takaran yang direkomendasikan adalah 400 mikrogram per hari, kata Mark Gapinski, MD, spesialis obgyn dari Central DuPage Hospital, di Winfield, Illinois.

Bagi perempuan hamil, kebutuhan vitamin B ini bisa didapatkan dari kacang lentil (takaran 360 mcg per cangkir) dan sayuran hijau seperti bayam (260 mcg per cangkir). Gunanya, untuk mencegah keguguran dan cacat lahir.

Tidur berkualitas
Perempuan yang mengalami infertilitas memiliki level hormon leptin yang rendah. Level hormon yang memengaruhi pengaturan rasa lapar dan berat tubuh ini bisa ditingkatkan dengan istirahat cukup. Atur waktu tidur Anda. Upayakan tidur tujuh hingga delapan jam setiap harinya. Ciptakan tidur yang berkualitas. Berolahraga menjadi salah satu cara agar tidur lebih berkualitas. Tentu saja, Anda perlu memilih olahraga yang aman saat hamil.

Rutin memeriksa kesehatan reproduksi
Infeksi yang diakibatkan penyakit menular seksual dapat menyebabkan radang pada pelvic dan saluran telur, yang dapat menyebabkan kemandulan. Sebaiknya periksalah kesehatan organ reproduksi Anda secara rutin ke spesialis obgyn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com