Populer di Hari Pertama Kerja

Kompas.com - 15/09/2010, 10:45 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Siapa pun itu, termasuk bos Anda, pasti pernah merasakan groginya jadi anak baru. Mumpung masih ada waktu sebelum masuk kerja, kuasai jurus sakti. Berikut adalah beberapa yang harus Anda siapkan sebelum masuk kerja:

1. Datang Tepat Waktu
Cobalah untuk datang sebelum waktu yang ditentukan. Selain terlihat bersemangat kerja, Anda juga memiliki nilai plus dalam kedisiplinan.

2. Berpakaian Tepat
Pilihlah busana yang rapi dan sopan sesuai dengan standar yang berlaku di perusahaan, tak perlu menggunakan aksesori berlebih. Tampil sewajar mungkin.

3. Makeup Natural
Ini merupakan komponen penting agar terlihat segar. Jangan biarkan wajah Anda diselimuti minyak atau keringat. Tak perlu tebal, usahakan senatural mungkin di hari itu.

4. Murah Senyum
Sebanyak apa pun kejadian yang menyebalkan, usahakan tetap tersenyum pada siapa saja yang Anda temui di kantor baru. Senyum memberikan kesan ramah dan menghargai.

5. Kenalkan Diri
Sebutkan nama Anda, jabatlah tangan rekan, dan lihatlah matanya. Ini membuat Anda tampil percaya diri.

6. Ingat Nama Rekan Kerja
Usahakan untuk mengingat semua nama rekan kerja. Sebutkan nama saat menyapa atau bertanya. Ini membuat mereka merasa lebih dihargai.

7. Perhatikan Bahasa Tubuh
Posisi tegap saat berdiri atau duduk, menunjukkan sikap yang sigap. Jangan sampai menopang dagu atau terlalu sering duduk bersandar karena akan terlihat bermalas-malasan.

8. Kendalikan Sikap
Bersikaplah sewajar mungkin. Menunjukkan sikap manja, atau emosional bisa memberi kesan tidak dewasa.

9. Respon Wajar
Jawablah pertanyaan rekan jika ditanya, singkat saja, tak perlu ada curhat colongan. Jika ada yang melucu, berusalah untuk tidak tertawa terlalu keras.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X