Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kenal Seseorang? Katakan Saja "Halo"!

Kompas.com - 20/09/2010, 17:26 WIB

KOMPAS.com — Ketika Anda tertarik dengan seorang pria atau ada pria yang sejak tadi memerhatikan Anda, apa yang dilakukannya agar bisa berkenalan dengan Anda? Apakah ia langsung melontarkan pujian atau kalimat rayuan lain? Apakah ia hanya merapat, lalu berusaha mencari bahan pembicaraan? Ataukah ia hanya mengucapkan "halo" sambil tersenyum pada Anda?

Ternyata, mengucapkan pick-up lines atau rayuan gombal tidak membuat perempuan terkesan. Menurut Dr Petra Boynton dari University College London, sapaan sederhana seperti "halo" atau "apa kabar?" justru lebih efektif untuk mengawali pembicaraan yang hangat. Sebaliknya, segala nasihat yang diberikan dalam buku-buku pengembangan diri tentang kencan tidak banyak membantu.

"Tidak ada bukti ilmiah yang bisa mendukung apa yang disarankan pakar dalam artikel semacam itu," katanya.

Pria sering kali disarankan untuk memberikan pujian mengenai penampilan perempuan yang dikaguminya. Namun, hal ini bisa menjadi bumerang bagi pria tersebut. "Maksud menyampaikan pujian itu adalah bahwa mereka akan bisa meluluhkan hati perempuan tersebut dengan menampilkan diri mereka sebagai pria yang percaya diri dan berwibawa," kata Boynton.

Repotnya, kebanyakan perempuan pun percaya diri dan asertif sehingga bisa tersinggung dengan komentar semacam itu. Atau, menganggapnya aneh.

Yang sebaiknya juga tak dilakukan adalah berlama-lama mengamati seseorang di ujung ruangan hanya untuk menarik perhatiannya atau menganalisis bahasa tubuhnya. Soalnya, begitu pria memberanikan diri untuk menghampiri Anda, mungkin Anda sudah keburu menghilang.

"Kebanyakan orang sebenarnya hanya menunggu untuk disapa 'halo'. Rayuan gombal cenderung tidak akan berhasil karena terasa sangat dibuat-buat," tambah Boynton.

Boynton juga menyarankan, ketimbang sibuk membaca buku-buku soal menggaet pria atau wanita, lebih baik kita berfokus pada cara membangun kepercayaan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com