Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Turun Tangga Lancarkan Pembukaan

Kompas.com - 21/09/2010, 15:05 WIB

Kompas.com - Penghambatan pembukaan saat persalinan, bisa diminimalisasi, bahkan dihindari. Caranya, dengan memperkecil keadaan darurat, yaitu melakukan perawatan kehamilan yang memadai, misalnya memeriksakan kehamilan satu bulan sekali.

Pemeriksaan fisik ibu sebelum dan selama hamil, menurut dr.Oni Khonsa, Sp.OG, dari RS Ibu dan Anak Tambak, Manggarai, Jakarta, guna mengetahui kelainan yang sering muncul, misalnya hipertensi, diabetes gestasional atau jantung, juga merupakan antisipasi yang baik terhadap berbagai potensi kendala.

Ibu hamil juga dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi dan cukup istirahat. Bila perlu dokter akan memberikan asupan vitamin tambahan. Jangan lupa menjaga kebugaran selama hamil dan melakukan senam hamil, setidaknya sebulan sebelum persalinan.

Cara yang sederhana adalah latihan naik turun tangga. Asal dilakukan dengan hati-hati, naik turun tangga besar manfaatnya untuk membantu janin turun ke jalan lahir. "Agar ibu lebih tenang saat bersalin, sebaiknya ibu merencanakan kehamilan secara matang. Jadi hamil bukan sekedar ikut-ikutan, emosional, atau karena tuntutan pihak lain. Dengan begitu ibu menjalani kehamilan dengan santai dan lebih terbuka saat menjalani persalinan," tutur dr.Oni.

Dia juga menyarankan agar ibu mengetahui semua informasi pertolongan persalinan yang biasa dilakukan dokter. Dengan informasi cukup, ibu bisa lebih siap dan rasa takut berkurang. (GHS/put)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com