Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Latihan Berpikir Positif

Kompas.com - 21/09/2010, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Kemampuan diri berpikir positif bisa didapati setiap orang. Asalkan mau berlatih dan mengasahnya, agar energi negatif dalam diri tergantikan dengan sikap dan pikiran positif. Temukan juga kebaikan dari berpikir positif, supaya Anda lebih bergairah meningkatkan kekuatan dari dalam diri ini.

Dia Thabet, mentor coach pendiri situs 2achieveyourgoals, menjelaskan makna positive thinking.  Dijelaskannya, positive thingking adalah kecenderungan yang mendorong pikiran Anda untuk menerima ide, gagasan, gambaran, kata, ucapan yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, yang kemudian memberikan dampak positif terhadap diri Anda dan menggiring Anda menuju pencapaian positif. Sederhananya, kekuatan berpikir positif yang muncul dari dalam diri membantu Anda untuk selalu melihat sisi baik dari setiap situasi dan meyakini bahwa Anda bisa meraih apapun yang ingin dicapai dalam hidup.

Jika sudah memahaminya, mulailah untuk menyingkirkan pikiran negatif dan belajar mendalami kekuatan pikiran positif. Langkahnya:

1. Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu berpikir positif dan optimis. Optimisme adalah lawan dari pesimisme, jadi lawanlah sikap pesimis. Belajarlah mengasah optimisme dengan berkawan dan menjalin hubungan positif dengan orang-orang atau lingkungan yang positif.

2. Identifikasi setiap pikiran negatif yang tiba-tiba muncul di benak Anda. Singkirkan segera sebelum pikiran jahat atau negatif ini menguasai emosi. Mulailah belajar mengontrol pikiran, yang juga akan membantu Anda mengontrol emosi.

3. Jangan patah arang jika disepelekan. Jika seseorang mencoba menekan Anda untuk membuat Anda depresi, berpikirlah sebaliknya. Misalnya, jika ada yang bilang bahwa Anda takkan bisa sukses atau meraih apa yang Anda inginkan, jangan ambil pusing perkataannya. Jadikan perkataannya sebagai tantangan bagi diri Anda. Inilah waktunya untuk membuktikan kekeliruannya menilai Anda.

4. Lakukan sekarang juga, jangan menunda. Saat Anda memulai melatih diri berpikir positif artinya Anda sudah bertindak untuk kebaikan diri sendiri. Memulai langkah akan membuat Anda lebih bahagia dan mendorong semangat untuk menghadapi berbagai risiko dalam mencapai tujuan Anda. 

5. Jangan lakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu dan kesempatan yang sama membuat rasa gugup dan tertekan muncul lebih hebat. Saat emosi ini muncul, di situlah pikiran negatif memainkan perannya. Disiplin diri, mengerjakan satu-persatu pekerjaan dengan efektif dan efisien tanpa menunda, membuat energi positif lebih menguasai diri Anda.

6. Latih diri untuk tekun, gigih, dan pantang menyerah. Memulai pekerjaan akan lebih mudah daripada mempertahankan motivasi untuk menyelesaikannya. Kegigihan, ketekunan, dan sikap pantang menyerah menjadi kunci untuk menghadapi berbagai kendala yang ditemukan untuk mencapai tujuan Anda. Kebiasaan berpikir positif terlatih dengan sikap ini. Teruslah melatihnya hingga kemampuan berpikir positif berurat-akar dalam diri.

7. Yakin dengan diri sendiri dan kemampuan Anda. Tingkatkan selalu kepercayaan diri Anda. Jangan biarkan pikiran negatif menghentikan motivasi diri meraih pencapaian yang sudah Anda rancang sejak awal. Kepercayaan diri menjadi modal penting untuk meraih tujuan dan berbagai impian Anda.

8. Dengarkan dan bacalah. Banyak cara bisa dipilih untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir positif. Membuka telinga lebar untuk mendengar berbagai hal baik atau buruk yang bisa menjadi pembelajaran di sekeliling Anda. Membaca berbagai referensi juga bisa membantu Anda meraih tujuan.

Bagaimana? Anda tentu siap memulainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com