5 Cara Memanjakan Diri Agar Mood Positif

Kompas.com - 24/09/2010, 13:52 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Memanjakan diri bisa dilakukan dengan membelanjakan uang Anda. Apalagi membelanjakan uang untuk kebutuhan diri sendiri yang mahal nilainya. Memang sih, mood menjadi meningkat karenanya, tetapi hanya sementara saja. Cara menyenangkan diri ini meninggalkan rasa bersalah yang mengubah suasana hati menjadi tak cerah lagi.

Lebih dari 25 tahun, pakar perilaku ekonomi dan psikolog meneliti adanya hubungan antara uang dan suasana hati. Mereka pun berhasil mendapati temuan menarik. Dari temuan itulah, teridentifikasi lima cara berbelanja yang bikin mood menjadi lebih positif dalam waktu lama.

Pilih liburan daripada perawatan spa
Meni-pedi, massage, luluran, apapun perawatan yang ditawarkan di spa memang menggoda. Anda bisa dimanjakan berlama-lama menikmati semua produknya. Usainya, Anda pun merasa lebih segar dan cantik dengan penampilan yang lebih terawat. Cara ini sah saja menjadi pilihan. Kepuasan yang Anda dapatkan mengalahkan nilai uang yang dikeluarkan.

Namun para pakar punya pendapat lain. Ada cara lain memanjakan diri yang lebih berdampak jangka panjang untuk kebahagiaan Anda. Menjauh sementara dari rutinitas dengan berlibur lebih bermanfaat untuk mengurangi kepenatan dengan harga yang sebanding nilainya. Liburan juga dinilai memiliki manfaat pada kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang.

"Rehat sejenak dari rutinitas memberikan kesempatan pada diri untuk memikirkan perubahan apa yang bisa dilakukan untuk lebih membahagiakan diri," kata Alan Lysaght, pakar psikologi finansial yang adalah juga penulis The ABCs of Making Money.

Pilih make up daripada pakaian
Cara berpikirnya sederhana saja. Saat Anda tampil menarik, Anda lebih percaya diri dan menumbuhkan emosi positif. Namun ada triknya untuk mendapatkan mood positif dari penampilan.

Studi yang diadakan BuzzBack Market Research, menunjukkan bahwa membeli produk kecantikan lebih memberikan kepuasan daripada  model busana terbaru.

Produk kosmetik seperti lipstik misalnya, bisa Anda aplikasikan kapan saja dan mengubah penampilan. Bandingkan dengan membeli busana yang tak bisa dipakai setiap hari, kata Lysaght.

Pilih kebutuhan kamar tidur daripada ruang tamu

Penelitian menunjukkan kota yang memiliki level kebahagiaan tertinggi adalah kota yang penduduknya menikmati wakti tidurnya dengan baik. Untuk dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak Anda memerlukan suasana menyenangkan di kamar tidur.

"Kamar tidur adalah tempat Anda bisa bersantai dan beristirahat," kata Denis Cauvier, PhD, konsultan bisnis.

Membeli atau memilih interior terbaik untuk ruang tamu atau dapur, hanya akan dinikmati sesekali bersama tamu yang singgah ke rumah. Sementara, 6-8 jam aktivitas di rumah Anda habiskan dengan terlelap di kamar tidur. Jadi, rancang kamar tidur lebih menyenangkan dan menenangkan, agar waktu tidur lebih berkualitas. Begitupun dengan mood Anda yang bisa meningkat karenanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X