Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Energi, Seberapa Perlu?

Kompas.com - 05/10/2010, 07:24 WIB

Kompas.com - Sebaiknya Anda tidak mudah tergiur iklan minuman berenergi karena bisa-bisa Anda hanya membuang uang dengan percuma. Para ahli kebugaran menyatakan, minuman energi hanya diperlukan oleh mereka yang akan melakukan kegiatan fisik dan butuh energi besar, seperti pelari marathon.

Menurut Nick Hudson, ahli kebugaran dari Inggris, minuman energi sebenarnya mengandung cukup banyak kalori. Karena itu jika Anda termasuk orang yang berolahraga kurang dari dua jam setiap hari, sebaiknya tak perlu mengonsumsi minuman energi.

"Banyak orang yang minum minuman energi yakin energinya akan bertambah sehingga bisa berolahraga lebih lama. Padahal kebanyakan produk minuman itu adalah minuman berkalori. Meminumnya berarti Anda perlu olahraga lebih lama untuk membakar kalori yang baru ditambahkan dari minuman itu," kata Hudson.

Ia menambahkan, minuman energi hanya cocok untuk mereka yang akan melakukan pekerjaan fisik cukup besar. "Sebenarnya tidak ada manfaat bagi kita yang cuma ingin berolahraga kurang dari dua jam," katanya.

Untuk para penggemar olahraga kebugaran, Hudson menyarankan untuk menghindari dehidrasi dengan cukup minum air putih karena saat berlatih banyak keringat yang keluar.

Minuman energi kebanyakan mengandung karbohidrat untuk memasok bahan bakar dengan cepat bagi tubuh. Minuman jenis ini juga biasanya mengandung sodium yang mempertahankan keseimbangan cairan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com