Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan Vaksin Combo

Kompas.com - 06/10/2010, 09:27 WIB

TANYA: Dokter, saya termasuk orangtua yang disiplin melakukan imunisasi pada bayi saya yang saat ini berusia 7 bulan. Beberapa waktu lalu dokter anak saya menawarkan imunisasi combo yang katanya mampu menangkal beberapa penyakit dalam sekali suntikan. Apakah tidak apa-apa jika bayi disuntik vaksin combo, mengingat tubuh bayi masih lemah dan isi vaksin adalah kuman yang dilemahkan? Riani (29), tinggal di Cikarang

JAWAB: Beberapa jenis imunisasi yang sudah dikenal seperti BCG, DTP, Polio sebenarnya juga mengandung sebagian partikel atau seluruh kuman yang sudah dilemahkan, yang bila disuntikkan atau diteteskan ke mulut (polio) sudah mampu merangsang tubuh membentuk kekebalan terhadap penyakit-penyakit tersebut, namun tidak menimbulkan efek/gangguan penyakit.

Sedangkan, saat ini sudah banyak terdapat vaksin jenis kombo (kombinasi) yang mengandung gabungan beberapa jenis vaksin dalam 1 kemasan (suntikan), seperti vaksin kombo DTP + HiB, DTPa + HiB, DTPa + HiB + Polio (injeksi), dan sebagainya.

Jenis vaksin kombo tersebut sebelum dipasarkan sudah barang tentu harus melalui serangkaian pengujian yang rumit, bertahap dan berlapis-lapis untuk sampai akhirnya diputuskan aman untuk digunakan oleh manusia. Jadi, sebenarnya Ibu tidak perlu khawatir untuk menggunakan vaksin jenis kombo tersebut untuk si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com