Anda Maag? Minum Lemon Sebelum Makan!

Kompas.com - 07/10/2010, 07:49 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Masalah perut bisa jadi sangat mengganggu. Pahami apa yang sesungguhnya terjadi dan cara mengatasinya.

1. Makanan yang terlalu pedas dapat melukai lambung.
Salah.
Makanan pedas dapat memperburuk kondisi, tetapi bukanlah penyebab luka pada lambung. Ada dua penyebab utama, yakni bakteri H pylori dan obat penghilang nyeri, seperti aspirin dan ibuprofen. Penyebab pertama bisa diatasi dengan antibiotik. Penyebab kedua bisa disembuhkan dengan obat antasida.

2. Konsumsi telur rebus bisa membuat konstipasi.
Salah.
"Ini baru terjadi bila kita mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak," kata Dr Rob Hicks dari Genitourinary Medicine Clinic, Kingston Hospital NHS Trust, London. Segala jenis makanan yang tinggi lemak namun rendah serat, seperti telur rebus, memang bisa menimbulkan konstipasi. Namun, sembelit umumnya timbul karena kurangnya serat dan cairan, stres, dan kebiasaan menahan BAB.

3. Orang yang kadar asam lambungnya tinggi tak boleh makan jeruk lemon.
Salah.
Lemon memang asam, tetapi saat masuk ke dalam tubuh sifatnya berubah menjadi alkalin (basa). Mengonsumsi 1 gelas air dicampur dengan perasan lemon sebelum makan, justru membantu menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Malah disarankan bagi mereka yang sering diserang maag.

4. Orang kurus belum tentu perutnya kecil.
Benar.
Ukuran badan bukanlah jaminan besar-kecilnya perut seseorang. Itu sebabnya, ada beberapa orang yang makan banyak, tetapi badannya tetap kurus. Sementara itu, ada sebagian orang yang harus berjuang mati-matian untuk mengatur porsi makannya agar berat badannya tetap stabil.

5. Cara paling tepat mengecilkan perut adalah mengurangi porsi makan.
Salah.
Pada dasarnya, ukuran perut terus berubah mengikuti pertambahan usia. Mengurangi porsi makan hanya membantu mengendalikan nafsu makan sehingga jadi lebih cepat merasa kenyang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.