Risiko Diabetes Si Pinggang Lebar

Kompas.com - 08/10/2010, 12:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Orang yang memiliki kelebihan lemak di area pinggang sehingga perut membuncit ternyata lebih beresiko untuk menderita diabetes dibandingkan dengan orang yang obesitas. Karena itu, perhatikan ukuran lingkar pinggang Anda.

Ketika para peneliti menganalisa hasil studi tentang kesehatan dan gaya hidup orang di Amerika Serikat dan Inggris, tidak ditemukan kaitan antara tingginya angka penderita diabetes di AS dengan faktor risiko diabetes konvensional, yakni usia, kebiasaan merokok, status ekonomi atau indeks massa tubuh.

Namun ketika mereka melihat pada faktor ukuran lingkar pinggang, kaitannya sangat nyata terlihat. Ukuran pinggang orang Amerika rata-rata lebih lebar 3 sentimeter dibanding ukuran pinggang orang Inggris. Demikian juga dengan ukuran pinggang wanita Amerika yang lebih lebar 5 cm dibanding wanita Inggris.

"Orang Amerika memiliki lebih banyak lemak di sekitar area pinggang dibanding orang Inggris dan itu menjelaskan mengapa penderita diabetes di Amerika lebih tinggi, terutama pada wanita," kata James P.Smith, peneliti.

Lemak yang menumpuk di sekitar pinggang dan perut, disebut juga dengan lemak visceral, sesungguhnya merupakan lemak yang berada di bawah lapisan otot abdomen. Tidak banyak orang yang menyadari mereka memiliki lemak visceral secara berlebihan karena seseorang tidak perlu kelebihan berat badan untuk memiliki kelebihan lemak jenis tersebut. Untuk menghindarinya, lakukan latihan fisik secara teratur diikuti pengaturan pola makan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X