Akurasi USG Mengintip Genital Bayi

Kompas.com - 09/10/2010, 07:21 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Masa kehamilan trisemester kedua kehamilan adalah masa yang paling mendebarkan karena saat inilah jenis kelamin janin mulai terlihat. Calon ibu pun bisa "mengintip" apakah si bayi berjenis kelamin laki-laki atau perempuan berkat USG.

Jenis kelamin bayi pada umumnya mulai terlihat di usia kehamilan 18-20 minggu. Namun, jenis kelamin bayi baru bisa diintip jika si bayi mau bekerja sama. Dengan kata lain, posisinya tidak menutupi alat genitalnya. Meski terlihat pun terkadang gambarnya tidak begitu jelas.

Makin berpengalaman seorang dokter dalam menggunakan USG dan makin canggih kualitas mesin sonogram, makin akurat pula penilaian jenis kelamin bayi. Tapi, hal ini juga tidak menjamin hasilnya akan benar 100 persen, namanya juga taksiran, bisa saja meleset.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.