Aerobik Setiap Hari? Bisa Saja!

Kompas.com - 12/10/2010, 18:23 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Jika mendaftar kelas aerobik dan memakai pakaian senam bukanlah pilihan Anda, coba pertimbangkan aktivitas aerobik lainnya dengan manfaat yang sama seperti berjalan kaki atau bahkan berkebun.

Ada penemuan penting. Jika Anda melakukan latihan kardio seperti berjalan kaki selama 10-15 menit setiap hari tanpa diet sekalipun, maka pakaian Anda akan berkurang 2 ukuran dalam waktu 1 tahun. Beberapa peneliti juga percaya bahwa sasaran latihan aerobik khususnya adalah lapisan lemak di daerah perut—sebuah berita baik untuk mengusir lemak perut yang membandel.

Selain itu latihan aerobik juga dapat menyusutkan lingkar pinggang. Seperti yang telah diketahui bahwa olahraga dapat membakar kalori, maka semakin banyak kalori yang terbakar, semakin kecil peluang tubuh terkena penyakit kardiovaskuler, stroke, diabetes, depresi, Alzheimer, dan bahkan jenis kanker tertentu.

Lakukan yang Anda suka
Hal terpenting dari olahraga adalah melakukan aktivitas yang disukai karena Anda akan sering melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Jika Anda memilih kegiatan yang tidak disukai, maka rasa bosan akan lekas menyerang dan kemungkinan Anda berhenti lebih besar.

Variasikan gerakan aerobik
Cara terbaik untuk mengatasi kebosanan adalah dengan memvariasikan gerakan aerobik itu sendiri. Kebanyakan kelas aerobik dewasa ini mengombinasikan latihan dengan musik yang sedang hit, gerakan baru, atau bahkan gerakan khusus seperti tarian poco-poco agar latihan lebih menyenangkan.

Pilih kelas dengan beragam aktivitas
Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung ke dalam kelas kebugaran dan berlatih aerobik, pilihlah kelas yang menggabungkan beragam latihan seperti indoor cycling dan yoga, tai chi, dan strength training, kickboxing, dan stretching. Atau coba latihan tarian yang menyenangkan seperti tarian perut, salsa, atau tango. Jika Anda bukan termasuk yang suka latihan berkelompok, coba aktifkan hobi baru seperti berenang, hiking, trekking, bermain golf, tenis, atau bulu tangkis.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X