Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seks Oral Lebih Memuaskan Wanita?

Kompas.com - 13/10/2010, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Para pria lebih cenderung mudah orgasme saat berhubungan intim lewat vagina, sementara para wanita lebih mudah orgasme dengan beragam posisi, terutama bila seks oral dan vaginal diikutkan.

Itu merupakan salah satu hasil survei terbaru yang dilakukan Pusat Promosi Kesehatan Seksual (Center for Sexual Health Promotion) Universitas Indiana, Amerika Serikat.

Survei bertajuk "The National Survey of Sexual Health and Behaviour" (NSSHB) ini adalah satu studi paling komprehensif mengenai seksualitas di Negeri Paman Sam itu dalam dua dekade terakhir. Kajian di dalamnya termasuk pengalaman seksual dan perilaku penggunaan kondom pada 5.865 remaja dan dewasa berusia 14 hingga 94 tahun.

Disebutkan dalam hasil survei tersebut, 85 persen pria melaporkan bahwa pasangannya mengalami orgasme selama hubungan seks terakhir. Namun, hal ini agak aneh karena rupanya hanya 64 persen wanita melaporkan mengalami orgasme selama hubungan seks terakhir. Para peneliti menyebutkan bahwa perbedaan ini terlalu besar. Bisa jadi, banyak pria yang juga berpasangan dengan pria.

Beberapa hal dari survei tersebut, antara lain :

- Satu di antara empat aktivitas hubungan intim melalui vagina terlindungi dengan kondom (satu di antara tiga aktivitas pada mereka yang belum menikah).

- Ada beragam perbendaharaan seksual di kalangan orang dewasa Amerika. Lebih dari 40 kombinasi aktivitas seksual tergambarkan dalam kegiatan seksual yang mereka lakukan akhir-akhir ini.

- Banyak orang dewasa menjalankan kegiatan seksual untuk sekadar senang-senang dengan beragam tipe pasangan dan perilaku.

- Sementara 7 persen wanita dewasa dan 8 persen pria teridentifikasi sebagai gay, lesbian, atau biseksual. Proporsi ini termasuk tinggi dalam kasus ini.

- Kebanyakan remaja AS tidak melakukan aktivitas seks dengan pasangan tetapnya. Sebanyak 40 persen remaja usia 17 tahun melaporkan kegiatan seks vaginal tahun lalu dan hanya 27 persen melaporkan kegiatannya 90 hari lalu.

- Orang dewasa menggunakan kondom hanya sebagai alat untuk meningkatkan gairah, kesenangan, dan orgasme daripada sebagai alat untuk melakukan hubungan seks. (abd/livescience)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com